Home / Kesehatan

Senin, 16 Mei 2022 - 13:37 WIB

5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan. ANTARA FOTO/Arnas Padda

AMORFATIMEDIA.COM – Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari tubuh seseorang yang bersifat sukarela. Tujuannya adalah untuk memberikan darah bagi orang lain yang membutuhkan. Dalam satu kali donor, pendonor akan menyumbangkan darahnya sebanyak kurang lebih 350 ml.

Dilansir dari Palang Merah Indonesia (PMI), setiap delapan detik, terdapat satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia.

Dengan melakukan donor darah Anda bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beragam manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan:

1. Mengidentifikasi masalah kesehatan

Setiap calon pendonor hendak mendonorkan darahnya, mereka diharuskan melakukan pemeriksaan fisik sederhana dan tes darah. Dilansir dari Medical News Today, meskipun ini bukan tes mendalam, tapi bisa mengidentifikasi masalah kesehatan, seperti anemia, tekanan darah tinggi atau rendah.

Baca Juga :  5 Nelayan Asal Anambas Kepri yang Terdampar di Malaysia, Dipulangkan ke Tanah Air

2. Kesehatan jantung

Studi pada 2019 meneliti 160 ribu wanita yang telah mendonorkan darah selama 10 tahun atau lebih. Hasilnya, donor darah menawarkan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

3. Manajemen berat badan

Mendonorkan darah diklaim membakar 650 kalori. Tetapi, tampaknya tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan ini. Kehilangan kalori ini akan bersifat jangka pendek dan tidak membantu seseorang menurunkan berat badan.

Namun studi pada 2012 menemukan, penimbangan yang dilakukan pusat donor darah sebelum seseorang mendonorkan darah bisa membantu mengidentifikasi orang dengan obesitas. Ini juga bisa mengidentifikasi orang dengan berat badan rendah.

Baca Juga :  Yuk Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 32 Sudah Dibuka

4. Tekanan darah

Beberapa studi telah merekomendasikan, donor darah bisa mengurangi tekanan darah. Pada 2015, para ilmuwan memantau tekanan darah dari 292 donor yang melakukan donor satu hingga empat kali selama setahun. Sekitar setengahnya memiliki tekanan darah tinggi.

Secara keseluruhan, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi mengalami peningkatan dalam pembacaan mereka. Semakin sering seseorang mendonorkan darah, semakin terjadi peningkatan.

Ilmuwan lain menunjukkan, tes tekanan darah adalah bagian integral dari donor darah, sehingga menjadi kesempatan yang baik bagi orang untuk menyadari bacaan mereka. Jika perlu, mereka bisa belajar cara mengurangi tekanan darah.

Simak Manfaat Donor Darah lainnya di halaman berikutnya

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Ketahui Manfaat Rutin Makan Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Konsumsi Buah Ini untuk Memperlambat Penuaan Otak

Kesehatan

7 Dampak Buruk Tidak Sarapan, Kehilangan Nutrisi hingga Stres

Kesehatan

Cara Menyimpan Daging Kurban dengan Benar, Jangan Langsung Dicuci

Kesehatan

Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

Kesehatan

Jangan Tidur Dekat HP, Waspada Bahaya Merugikan Anda!

Kesehatan

7 Penyebab Sakit Tenggorokan, Bisa Jadi Tumor

Kesehatan

Muncul Ancaman Virus Hendra, Kenali Gejala, Penyebab dan Pencegahannya