Home / Kesehatan

Senin, 23 Mei 2022 - 15:13 WIB

6 Cara Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok

Ilustrasi Pixabay.com/guvo59

Ilustrasi Pixabay.com/guvo59

AMORFATIMEDIA.COM – Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahaya merokok bagi kesehatan seperti risiko penyakit jantung, stroke, sampai masalah kesuburan. Meski begitu, sifat adiktif dari nikotin yang terkandung dalam rokok membuat banyak orang sulit berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.

Dokter Penyakit Dalam di Montefiore Medical Group, Laura McGarry, MD, dan seorang Dokter Penyakit Dalam di praktik swasta di Jerman, Wolfram Schwarz, MD membagikan beberapa strategi yang menurut mereka paling membantu dalam berhenti merokok secara permanen atau untuk selamanya.

Berikut enam cara yang mereka berikan yang patut kamu coba:

1. Punya alasan yang kuat

Schwarz sangat menyarankan untuk mencari tahu alasan Anda mencoba berhenti merokok sejak awal. Sehingga ketika keinginan atau godaan untuk kembali merokok melanda, Anda dapat lebih mudah membuat diri sendiri bertanggungjawab dengan pilihan menghentikan kebiasaan tersebut.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan, kebanyakan orang berhenti merokok, baik karena kondisi kesehatan saat ini atau untuk menghindari masalah kesehatan di masa mendatang. Meski demikian, ada banyak alasan lain untuk berhenti, termasuk menghemat uang, melindungi anggota keluarga lainnya dari perokok pasif, dan bahkan mencegah kerutan dini.

Baca Juga :  Virus Zika Bermutasi, Ahli Peringatkan Potensi Lebih Berbahaya

“Dalam kasus saya, mengetahui anak saya mulai merokok karena dia telah melihat saya melakukannya sepanjang hidupnya,” kata Schwarz dikutip dari Insider, Ahad (27/2).

Apabila Anda membutuhkan inspirasi, American Cancer Society dan American Lung Institute telah menyusun daftar alasan kesehatan, keuangan, dan sosial yang sangat baik untuk berhenti merokok.

2. Kurangi secara perlahan dan bertahap

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang langsung berhenti merokok permanen atau ‘kalkun dingin’ lebih berhasil menahan diri dari merokok lagi daripada mereka yang secara bertahap mengurangi kebiasaan merokoknya. Namun, pendekatan ini tidak berhasil untuk semua orang dalam jangka panjang pada kenyataannya, diperkirakan hanya tiga dari setiap 100 perokok yang dapat berhenti merokok secara permanen dengan cara ini.

Menghilangkan kebiasaan merokok secara tiba-tiba dan sepenuhnya mungkin tidak realistis, terutama jika Anda seorang perokok berat atau telah lama merokok. Ketika McGarry memutuskan untuk berhenti pada tahun 2009, dia mengurangi satu batang rokok setiap hari.

Baca Juga :  Dengan Cara Ini, Impotensi Akibat Diabetes Bisa Diatasi

“Saya merokok setengah bungkus sehari pada saat itu dan perlahan-lahan dapat beralih menjadi non-perokok. Begitu saya berhenti sepenuhnya, saya akan mengingatkan diri saya tentang semua upaya yang telah saya lakukan selama lebih dari 10 minggu. Saya tidak ingin menyia-nyiakan upaya itu,” ujar McGarry.

Ada banyak cara untuk mengurangi kebiasaan merokok Anda secara bertahap, dan mungkin diperlukan beberapa percobaan serta kesalahan untuk menemukan formula apa yang cocok bagi Anda. Misalnya, Anda bisa mulai dengan menghentikan kebiasaan merokok di saat tertentu, seperti rokok setelah makan.

Kemudian, Anda juga dapat menambah jumlah waktu yang harus dilewati di antara rokok atau menetapkan batas untuk diri sendiri. Berapa banyak rokok yang dapat Anda hisap setiap hari, dan perlahan-lahan kurangi batas itu setiap pekan.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

7 Dampak Buruk Tidak Sarapan, Kehilangan Nutrisi hingga Stres

Kesehatan

Enam Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

Kesehatan

Anak-anak yang terinfeksi Covid-19 Miliki Antibodi Alami Selama 7 Bulan

Kesehatan

Khasiat Daun Salam, Salah Satunya Mencegah Kanker

Kesehatan

Agar Hidup Anda Lebih Bahagia, Lakukan Sembilan Kebiasaan ini

Kesehatan

Cara Mengatur Instagram agar Tak Ganggu Kesehatan Mental

Kesehatan

Dengan Cara Ini, Impotensi Akibat Diabetes Bisa Diatasi

Kesehatan

5 Tips Mengisi Daya Sahur untuk Puasa Berenergi!