Home / Islam Digest

Jumat, 12 Agustus 2022 - 09:26 WIB

6 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Dihari Jumat Tersinari Kelak di Hari Kiamat

 
 Membaca Alquran. EPA-EFE/ARSHAD ARBAB

Membaca Alquran. EPA-EFE/ARSHAD ARBAB

AMORFATIMEDIA.COM – Salah satu amalan sunnah pada hari Jumat adalah membaca surah Al Kahfi. Surah ini mengisahkan tentang ashabul kahfi hingga Zulkarnain, Yakjuj dan Makjuj.

Surat Al-Kahfi terdapat di akhir juzz 15 dan di awal juzz 16. Surat ini, termasuk dalam golongan surat Makiyyah karena diturunkan di Kota Mekkah. Dalam surat Al-Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surat ke-18 dari 114 surat dalam Al Qur’an.

Syaikh Hamid Ahmad Ath-Thahir Al-Basyuni dalam Kisah-kisah dalam Al Quran menjelaskan, asbabun nuzul atau sebab turunnya surah Al Kahfi berawal dari kisah penderitaan kaum muslimin di Mekkah.

Diceritakan, mereka mendapatkan berbagai macam cobaan, seperti siksa badan, kekurangan dari segi material, kelaparan, kehausan, disingkirkan masyarakat, dan diperangi dalam perdagangan dan pencarian nafkah.

Salah seorang pemuda di antara mereka kemudian berinisiatif untuk meninggalkan Mekkah dan melindungi agama Islam ke tempat lain yang lebih aman. Di mana mereka bisa lebih leluasa untuk menyembah Allah SWT.

Baca Juga :  4 Perbuatan Sepele yang Membatalkan Shalat

Kaum muslimin di sana merasa kesusahan jika Allah SWT tidak mengizinkan hal tersebut. Mereka juga sangat cinta kepada Rasulullah SAW dan ingin beriman kepadanya. Mereka takut jika akan berpisah dengan Rasulullah SAW.

Maka, diturunkanlah surat Al Kahfi yang menjelaskan tentang kisah pemuda-pemuda yang beriman tersebut dan keinginannya untuk hijrah.

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi

1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat AL-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal surat Al-Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

Baca Juga :  Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360, Ilmuwan Kaget!

اَفَحَسِبَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اَنۡ يَّتَّخِذُوۡا عِبَادِىۡ مِنۡ دُوۡنِىۡۤ اَوۡلِيَآءَ‌ ؕ اِنَّاۤ اَعۡتَدۡنَا جَهَـنَّمَ لِلۡكٰفِرِيۡنَ نُزُلًا‏

A fa hasiballaziina kafaruu ay yattakhizu ‘ibaadii min dunii auliyaa’, innaa a’tadnaa jahannama lil-kaafiriina nuzulaa

Artinya: “Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.”

2. Diridhai oleh Allah

Membaca surat Al Kahfi dapat memudahkan mendapatkan ridho Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Selanjutnya: Mendapatkan ampunan dari Allah atas segala dosa…

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Keutamaan Mengingat Allah SWT

Islam Digest

Dosa Riba dan Konsekuensi yang Tidak Dapat Dicabut

Islam Digest

Doa Buka Puasa Ramadan yang Shahih

Islam Digest

Wajib Diketahui! Adab Buang Hajat dalam Islam Berdasarkan Hadis

Islam Digest

Wajib Dicoba! 4 Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran

Islam Digest

Ternyata Ini yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Memulai Bisnis

Islam Digest

Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja

Islam Digest

Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim