Home / Gaya Hidup

Kamis, 20 Januari 2022 - 10:28 WIB

7 Aplikasi Menulis Menghasilkan Uang

Ilustrasi menulis

Ilustrasi menulis

AMORFATIMEDIA.COM – Di era digital saat ini banyak hal yang telah berubah. Salah satunya media atau aplikasi menulis. Dulu para penulis berlomba-lomba menerbitkan buku dan novel dalam versi cetak dengan cara menyasar penerbit-penerbit terkenal.

Tetapi sekarang hal itu telah berubah. Perubahan pola pembaca dari media cetak ke digital mengharuskan penerbit untuk ikut beradaptasi ke dunia tersebut. Walaupun banyak penerbit harus takluk dan tidak mampu melakukannya.

Berikut 7 aplikasi menulis untuk Menghasilkan Uang

1. Storial

Bila para penulis bertanya aplikasi apa yang terbaik saat ini untuk menulis dan membaca novel maupun cerita pendek, storial adalah salah satu jawabannya. Aplikasi yang berdiri 1 November 2015 ini menyebut diri sebagai social storystelling platform untuk membaca dan menulis online.

Di Storial kamu bisa menulis secara gratis dan mendapatkan royalti berdasarkan orang yang membeli cerita kamu. Bahkan kamu bisa menjualnya per bab yang telah kamu selesaikan.

Kamu bahkan bisa berkolaborasi dengan teman-temanmu untuk menyelesaikan sebuah cerita atau novel.

Novel seperti Rajapali yang ditulis Dee Lestari adalah salah satu cerita sukses yang terbit secara online di Storial.

Baca Juga :  5 Tips Mengatasi Cemburu Anak dengan Kehadiran Adik Barunya

Ada juga novel Sekuntum Cinta untuk Adelia yang digarap Eva Liana.

2. Wattpad

Sejatinya Wattpad adalah aplikasi hasil kolaborasi Alen Lau dan Ivan Tuen asal Toronto, Kanada dan berdiri Desember 2006. Tetapi mereka juga punya banyak basis pembaca dan penulis asal Indonesia.

Namun, sebaiknya para orang mengedukasi dan mengawasi anak-anak mereka bila tertarik dan ingin menulis maupun membaca cerita di Wattpad. Terutama terkait konten-konten 18+.

3. Fizzo

Fizzo adalah aplikasi untuk penulis dan membaca, khususnya penggemar novel. Untuk dapat menerbitkan karyamu di Fizzo kamu harus terlebih dahulu menulis cerita baru minimal 5.000 kata dan meminta peninjauan dari tim editor.

Bila disetujui editor, manajamen Fizzo akan menawari kamu dua jenis kontrak, eksklusif dan non eksklusif.

Selanjutnya kamu bisa memperoleh royalti berdasarkan hasil iklan, signing fee, bonus update harian dan penyelesaian naskah. Terkantung jenis kontrak yang kamu pilih.

4. KBM

KBM adalah singkatan dari Komunitas Bisa Menulis. Aplikasi ini menyediakan novel berbayar dan kamu bisa mendapatkan uang dari royalti atau bagi hasil novel kamu yang berhasil terjual setiap bulannya.

Baca Juga :  Orangtua Wajib Tahu! Keterampilan Anak yang Perlu Diajarkan

5. Kwikku

Kwikku adalah offcial partner dari sejumlah penerbit yang sudah terkenal sejak dulu, seperti Republika, Mizan, dan Bentang. Karena itu tidak mengherankan kamu masih bisa mendapati Novel Ayat-ayat Cinta yang kini dijual secara digital di Kwikku.

Kwikku berdiri pada 26 September 2013 oleh sejumlah mahasiswa di Malang, Jawa Timur. Pada awalnya berdiri saja, mereka telah berhasil menyedot hingga 40.000 pengguna.

Meski demikian, kamu juga bisa langsung mendaftar dan mengajukan diri menjadi publisher di Kwikku. Bila disetujui, kamu akan bisa mempublikasikan hasil karyamu di sini dan menikmati royalti dari hasil monetisasi

6. Noveltoon

Noveltoon adalah salah satu yang populer dalam aplikasi menulis dan membaca novel. Di Noveltoon, kamu bisa menulis dan membaca novel secara online maupun offline.

7. Good Novel

Good Novel adalah aplikasi menulis dan membaca novel yang berasal dari Singapura. Meski demikian, aplikasi ini menyediakan versi bahasa Indonesia. Banyak penulis tanah air yang juga berkontribusi di aplikasi Good Novel.

Penulis : Pursyahdad
Editor : Pramonco

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Perbedaan Harga Indomie di Luar Negeri, Mulai dari Turki hingga Amerika

Gaya Hidup

Hindari Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Gaya Hidup

Mulai Pikun, Simak 7 Tips Jaga Kesehatan Otak

Gaya Hidup

5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apa Saja?

Gaya Hidup

Minum Ini Sebelum Tidur, Bantu Bakar Lemak di Perut

Gaya Hidup

Grup Whatsapp Tak Asik, Ini Cara Keluar dari Grup Diam-diam

Gaya Hidup

Begini Cara Melacak Nomor HP Lewat Lewat Internet

Gaya Hidup

Ingin Tidur Nyenyak seperti Bayi? Coba Terapankan Aturan 10-3-2-1-0