Home / Kesehatan

Sabtu, 14 Mei 2022 - 13:13 WIB

7 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan, Mempercepat Penyembuhan Luka

Ikan Gabus. (wikipedia)

Ikan Gabus. (wikipedia)

AMORFATIMEDIA.COM – Ikan gabus atau channa striata adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan gabus mudah ditemui di danau, rawa, sungai, salurang-saluran air, hingga sawah-sawah.

Ikan ini disebut ikan predator karena memangsa aneka ikan kecil-kecil, seranga, dan berbagai hewan air, seperti berudu dan kodok. Ikan gabus menyebar luas mulai dari wilayah Asia Tengah, seperti Pakisatn, Nepal, India, hingga wilayah Indonesia, termasuk Indonesia.

Sejatinya, ikan gabus memiliki nilai ekonomi yan tinggi, tetapi ikan ini juga akan merugikan ketika masuk ke kolam-kolam pemeliharaan ikan. Predator ini adalah jenis yang rakus dan bisa menghabiskan ikan-ikan kecil yang dipelihara di kolam. Bahkan, di wilayah Sulawesi dan Papua, ikan ini termasuk spesies pengganggu.

Ikan gabus memiliki kandungan zat besi, seng, fosfor, natrium, kalium, hingga tembaga. Beberapa kandungan tersebut dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai macam penyakit. Ikan gabus memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding dengan jenis ikan konsumsi lainnya. Untuk itu, ikan ini sangat baik dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Baca Juga :  Enam Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

Berikut sejumlah manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang amorfatimedia.com lansir dari Healthline:

Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat ikan gabus untuk kesehatan adalah mempercepat penyembuhan luka setelah operasi. Daging ikan gabus memiliki kandungan zat albumin yang cukup tinggi. Kandungan ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian kapsul konsentrat ikan gabus selama 14 hari sebesar 0,7 g/dl dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kandungan albmumin pada ikan gabus juga bisa meningkatkan kadar albumin tubuh menjadi normal. Dengan mengonsumsi daging ikan gabus secara rutin dan teratur, bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan selanjutnya, yaitu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Zat albumin pada ikan gabus mampu menjaga keseimbangan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tida dapat berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, zat albumin juga membantu menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya. Jika tubuh kekurangan albumin, akibatnya cairan bisa bocor ke jaringan lain.

Baca Juga :  Cara Menyimpan Daging Kurban dengan Benar, Jangan Langsung Dicuci
Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ikan gabus memiliki struktur daging yang empuk, sehingga tidak perlu sampai mengkhawatirkan sistem pencernaan jika dikonsumsi. Kandungan protein kolagen pada ikan gabus juga lebih rendah dari daging, sehingga hal ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat ikan gabus ini, Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Dengan begitu, kesehatan pencernaan Anda akan terjaga.

Memperbaiki Gizi Buruk

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan lainnya, yaitu memperbaiki gizi buruk. Ikan gabus sangat baik dikonsumsi oleh bayi, balita, anak-anak, maupun ibu hamil. Kandungan zat albumin pada ikan gabus dapat secara efektif untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kekurangan nutrisi dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi ikan gabus secara rutin, dapat menurunkan risiko malnutrisi atau gangguan gizi yang biasa dialami oleh bayi. Manfaat ikan gabus ini bisa didapatkan dengan cara mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Simak manfaat ikan gabus untuk kesehatan di halaman berikutnya.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Cara Mengatur Instagram agar Tak Ganggu Kesehatan Mental

Kesehatan

Agar Hidup Anda Lebih Bahagia, Lakukan Sembilan Kebiasaan ini

Kesehatan

Konsumsi Jamur Psilocybin Buat Mengobati Depresi

Kesehatan

5 Tips Mengisi Daya Sahur untuk Puasa Berenergi!

Kesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur

Kesehatan

6 Cara Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kesehatan

Virus Zika Bermutasi, Ahli Peringatkan Potensi Lebih Berbahaya

Kesehatan

10 Tanda Penyakit Ginjal Ini Perlu Diwaspadai, Keinginan Kencing terus-menerus