Home / Islam Digest

Senin, 13 Juni 2022 - 10:03 WIB

Alquran Menjawab Mengapa Orang Zalim Selalu Berjaya

Ilustrasi/ist

Ilustrasi/ist

AMORFATIMEDIA.COM – Dalam kehidupan di dunia ini sering kali muncul pertanyaan mengapa orang-orang yang zalim dan tidak taat kepada Allah serta Rasul-Nya nampak selalu berjaya. Alquran menjawab pertanyaan ini melalui Surah Ibrahim Ayat 42 dan tafsirnya.

Diceritakan dulu Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dianiaya oleh orang-orang zalim. Kemudian Allah SWT berfirman dengan menegaskan bahwa Dia tidak lengah melihat semua kezaliman itu, hukuman terhadap orang-orang zalim tersebut ditangguhkan oleh Allah SWT.

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللّٰهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظّٰلِمُوْنَ ەۗ اِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيْهِ الْاَبْصَارُۙ

Dan janganlah engkau mengira, bahwa Allah lengah dari apa yang diperbuat oleh orang yang zalim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak. (QS Ibrahim: 42)

Baca Juga :  Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim

Tafsir Kementerian Agama menjelaskan ayat ini bahwa dalam sejarah orang musyrik Makkah selalu menghalang-halangi dan menentang Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam melaksanakan dakwah sebagaimana yang telah diperintahkan Tuhan kepada mereka. Semakin hari halangan dan rintangan itu semakin bertambah, bahkan sampai kepada penganiayaan dan pemboikotan.

Banyak para sahabat yang dianiaya. Mereka tidak mau mengadakan hubungan jual-beli, tidak mau ada hubungan persaudaraan dan hubungan tolong-menolong dengan kaum Muslimin. Demikian beratnya siksaan dan penganiayaan itu hampir-hampir para sahabat Nabi berputus asa.

Sementara itu orang-orang musyrik kelihatannya seakan-akan diberi hati oleh Allah dengan memberikan kekuasaan dan kekayaan harta. Tindakan mereka semakin hari semakin membabi buta.

Baca Juga :  UEFA Tetapkan Format Baru Liga Champions, Berlaku Mulai 2024-2025

Dalam keadaan yang demikian, Allah memperingatkan Nabi Muhammad SAW dengan ayat yang menyatakan, “Wahai Muhammad, janganlah kamu menyangka Allah SWT lengah dan tidak memperhatikan tindakan dan perbuatan orang-orang musyrik Mekah yang zalim itu.

Tindakan dan perbuatan mereka itu adalah tindakan dan perbuatan yang menganiaya diri mereka sendiri. Allah pasti mencatat segala perbuatan mereka. Tidak ada satupun yang luput dari catatannya. Semua tindakan dan perbuatan mereka itu akan diberi balasan yang setimpal. Allah akan memasukkan mereka ke dalam neraka yang menyala-nyala di akhirat nanti.”

Dengan turunnya ayat ini…

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Mengiurkan, Namun Dampak Negatif Judi Sudah Diperingatkan Dalam Al Quran

Islam Digest

Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim

Islam Digest

Iblis Marah, Ini yang dilakukannya di Hari Raya Idul Fitri

Islam Digest

Arti Zuhud dan Alasan Ali bin Abi Thalib Mentalak 3 Dunia

Islam Digest

Uwais Al Qarni, Orang Miskin yang Terkenal di Langit

Islam Digest

Penyakit Dunia Islam yang Paling Berbahaya

Islam Digest

3 Manfaat Istighfar yang Luar Biasa Bagi Seorang Muslim

Islam Digest

Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat