Home / Nusantara

Selasa, 31 Agustus 2021 - 20:46 WIB

Arkeolog Teliti Perahu Bercadik Khas Nusantara di Lingga

Perahu bercadik khas Nusantara yang ditemukan terbenam di pantai Pulau Sebangka Desa Laboh Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga. Dok amorfatimedi.com

Perahu bercadik khas Nusantara yang ditemukan terbenam di pantai Pulau Sebangka Desa Laboh Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga. Dok amorfatimedi.com

AMORFATIMEDIA.COM, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga melakukan hal rumit dengan memindahkan Perahu Cagar Budaya yang ditemukan warga terbenam dipantai Pulau Sebangka, Senayang Kabupaten Lingga ke Museum Kabupaten Lingga.

Pemindahan Perahu bercadik khas Nusantara itu dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti dibantu Arkeolog dari Sumatra Utara, dan masyarakat setempat pada 26 Agustus 2021 lalu.

Perahu yang masih dilakukan penelitian itu, memiliki panjang 12,55 meter dan lebarnya kurang lebih 1 meter. Diangkut menggunakan angkutan laut dan darat.

Pemerintah Kabupaten Lingga memberikan penjelasan jika pemindahan perahu untuk melindungi Cagar Budaya dan melestarikan sejarah di Lingga.

Baca Juga :  Bocah Usia 2 tahun di Lingga Kepri Tewas Ditabrak Motor, Pelaku Anak di Bawah Umur

“Nanti setelah penyerahan dari Balai Arkeologi Sumatra Utara, kita akan terus berkoordinasi untuk melindungi dan memelihara benda cagar budaya ini,” kata Azmi, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Selasa 31 Agustus 2021

Peneliti Balai Arkeologi Sumatera Utara Stanov Purnawibowo, M.A., mengatakan kepada amorfatimedia.com jika perahu Jeluh yang terbenam di pulau sebangka itu memiliki usia tidak terlalu tua meskipun hampir keseluruhan mateial perahu dibuat menggunakan kayu utuh dan ada jejak cadik.

“Ada komponen logam untuk pasak, ini artinya tidak terlalu tua kalau secara teknologi. Tapi karakteristiknya perahu Nusantara, ada banyak pasak dan jejak cadik. Dari analisis morfologi, steuktur kayu dari depan (haluan) ada penambahan mateial kayu untuk penguat struktur, untuk mecah gelombang.” kata Stanov

Baca Juga :  Ibu Gorok 3 Anak di Jateng, Begini Alasannya

Pihaknya saat ini masih melakukan pengambilan data dan sampel untuk melakukan analisa leb dan analisa morfologi guna mengetahui jenis kayu, pelapisan, serta usia kayu.

Pemerintah Kabupaten Lingga mendukung sepenuhnya kegiatan ekskavasi dan kegiatan lanjutan yang dilakukan Balai Arkeologi Sumatra Utara.

Diperkirakan pada 2 September 2021 Arkeologi Sumatera Utara akan menyerahkan hasilnya kepada Pemerintah Kabupaten Lingga.

Reporter : Pramonco
Editor : Pursyahdad

Share :

Baca Juga

Nusantara

Dugaan Korupsi Dana Hibah Dispora, Mantan Gubernur Kepri Akan Diperiksa

Nusantara

Kelompok Pengusaha Muda Dabo Singkep Berbagi Takjil Gratis

Nusantara

Akhirnya, Gubernur Sudah Bisa ‘Lagi’ Berikan Izin Pertambangan

Nusantara

DPD PAN Karimun Membagikan Masker dan Hand Sanitizer untuk Masyarakat

Nusantara

Pemerintah RI Respons Mahathir: Kepri Wilayah Kedaulatan Indonesia

Nusantara

Nizar Serahkan Sertifikat Hak Atas Tanah untuk Masyarakat Singkep Pesisir Lingga

Nusantara

Rencana Pengembangan Bandara, Gubernur Kepri-Dirjen Hubud Teken Kerjasama
Pemkab dan DPRD Lingga

Nusantara

Karena lalai, Proyek Jalan di Lingga dihentikan