Home / Gaya Hidup

Rabu, 20 April 2022 - 13:11 WIB

Bahasa Jawa Ternyata Digunakan di Lima Negara Dunia

Ilustrasi Aksara Jawa kaskus

Ilustrasi Aksara Jawa kaskus

AMORFATIMEDIA.COM РBahasa Jawa merupakan bahasa Austronesia, yang utamanya dituturkan oleh penduduk bersuku Jawa di wilayah bagian tengah dan timur pulau Jawa.

Bahasa Jawa sendiri merupakan induk bahasa yang lazim digunakan di Pulau Jawa, seperti Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Tetapi, tahukah Anda, jika bahasa Jawa juga digunakan di negara lain? Lalu, di negara mana saja yang bahasa Jawa digunakan?

Kampung Padang Jawa, Malaysia

Di negeri jiran, Malaysia, rupanya memiliki banyak penutur bahasa Jawa. Semula, orang-orang Jawa ini berpindah ke Malaysia untuk mendapatkan mata pencaharian baru di sana.

Sampai sekarang masih banyak warga negara Malaysia yang berdarah Jawa. Mereka juga masih menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi. Malahan, banyak pula ragam budaya yang serupa dikembangkan orang-orang Jawa di sana. Termasuk, aneka kulinernya.

Baca Juga :  Siap-siap! Tenaga Honorer Resmi Dihapus 28 November 2023
Pulau Coco (Keling)

Terlepas dari eksistensi negerinya yang mungkin asing di telinga, namun siapa sangka jika ternyata penduduk pulau ini juga ada yang bisa menggunakan bahasa Jawa. Bahkan lambang negaranya menggunakan percampuran Jawa dan Melayu.

Terletak di daerah laut Hindia bagian barat, dulu orang Jawa dan Melayu dibawa ke daerah ini oleh koloni Inggris. Akhirnya sampai sekarang mereka menetap di sana.

Alhasil, 80 persen dari koloni di Coco Island adalah orang Jawa dan Melayu. Meskipun bahasanya sudah banyak mengalami perubahan, namun masih terasa Jawanya.

Baca Juga :  5 Penyakit Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya
Kaledonia Baru

Mungkin tak banyak orang tahu, bahwa sampai saat ini pengguna bahasa Jawa di Kaledonia Baru masih eksis. Wajar, karena letak pulau ini ada di kawasan Samudera Pasifik yang jauh dari pulau Jawa.

Mula asalnya, kuli dan buruh dari Jawa banyak yang dikirim ke pulau ini oleh pemerintah Kolonial Belanda. Sampai saat Indonesia merdeka, sebagian besar orang-orang Jawa yang dikirim ke Kaledonia Baru memilih untut menetap dan hidup di negara jajahan Perancis itu.

Jadilah mereka penduduk negara jajahan Perancis itu. Sebagian besar orang-orang tua di negeri itu masih fasih berbahasa Jawa. Sayangnya, anak-anak mudanya kini hanya mengenal bahasa Perancis.

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

6 Tips Bangkit dari Kesedihan yang Bisa Kamu Coba

Gaya Hidup

5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apa Saja?

Gaya Hidup

Minum Ini Sebelum Tidur, Bantu Bakar Lemak di Perut

Gaya Hidup

Bingung Mengambil Keputusan yang Tepat? Yuk, Kenali Caranya!

Gaya Hidup

Harganya Cabai Makin Pedas, Berikut Cara Mengawetkannya

Gaya Hidup

Nonmuslim Dilarang Masuk ke Mekah-Madinah, Kenapa?

Gaya Hidup

6 Contoh Hubungan Gaslighting yang Bisa Memanipulasi Dirimu

Gaya Hidup

Bekukan Sperma Bisa Selamatkan Koala dari Kepunahan