Home / Nusantara

Jumat, 18 Maret 2022 - 10:55 WIB

Balapan F1 di Bintan dan Cita-cita Gubernur Kepulauan Riau

Peletakan batu pertama Sirkuit F1 Bintan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Gubernur Kepulauan Riaum Ansar Ahmad di Pantai Hotel Nirwana, Lagoi, Bintan pada Kamis, 17 Maret 2022. AMORFATIMEDIA/Instagram @bambang.soesatyo

Peletakan batu pertama Sirkuit F1 Bintan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Gubernur Kepulauan Riaum Ansar Ahmad di Pantai Hotel Nirwana, Lagoi, Bintan pada Kamis, 17 Maret 2022. AMORFATIMEDIA/Instagram @bambang.soesatyo

AMORFATIMEDIA.COM, Bintan – Mandalika di Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah ajang balap sepeda motor MotoGP 2022. Ingin menyusul kesuksesan wisata olahraga MotoGP Mandalika, di Bintan, Kepulauan Riau, akan dibangun sirkuit untuk balapan Formula Satu (F1).

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengatakan, nantinya kehadiran Bintan International Circuit akan semakin menyemarakkan agenda wisata olahraga di Indonesia.

“Sebelum pandemi Covid-19 terjadi, hampir setiap bulan ada berbagai ajang wisata olahraga bertaraf internsional di Bintan,” kata Ansar di Hotel Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, pada Kamis, 17 Maret 2022.

Pada kesempatan itu, Ikatan Motor Indonesia atau IMI Pusat dan Gallant Venture Pte Ltd. menandatangani nota kesepahaman pembangunan Bintan International Circuit (BIC) untuk balapan F1.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo dan CEO of Gallant Venture Pte Ltd., Eugene Cho Park, disaksikan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Mengenal Kain Dagang, Pakaian Tradisional Melayu Lingga Kepri

Bambang Soesatyo mengatakan, kehadiran sirkuit Mandalika dan suksesnya ajang World Superbike serta MotoGP Mandalika yang sedang berlangsung membuat pertumbuhan ekonomi di NTB melesat. “Ini bisa ditiru oleh Kepulauan Riau,” ujarnya.

Manfaat ekonomi melalui acara balapan tingkat dunia, menurut Bambang, dapat dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah daerah secara langsung dan cepat.

Dia menambahkan, Bintan menjadi lokasi sirkuit F1 yang tepat karena sudah populer sebagai destinasi wisata. Pemerintah daerah dan pengelola Bintan Resort dapat mengajak investor membuka hotel-hotel baru untuk mengakomodasi kamar yang akan ditempati para wisatawan.

Ansar Ahmad mengatakan, Bintan International Circuit memiliki bentang alam yang indah sehingga dapat menjadi nilai jual tersendiri bagi investor dan wisatawan.

Baca Juga :  Polisi Gerebek Judi Online di Kepri Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Pesisir pantai dan perbukitan di sekitar sirkuit akan memanjakan pengunjung serta memberikan pengalaman berbeda.

“Jika sudah dibangun, sirkuit ini akan melengkapi Bintan sebagai mega resort in the world dan kami punya infrastruktur hiburan kelas dunia,” katanya.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab mengatakan, ada tiga calon lokasi pembangunan Bintan International Circuit. Tiga tempat itu adalah adalah Lagoi Bay, Kepri Bay, dan area Berakit.

Konsultan dari Inggris, Populous yang akan menentukan lokasi paling tepat untuk membangun sirkuit F1 Bintan. “Ketiga calon lokasi sirkuit ini sama-sama memiliki pemandangan alam yang indah,” ujarnya seraya memperkirakan pembangunan sirkuit akan memakan waktu sekitar dua tahun.

Reporter : Kadri
Editor : Pursyahdad

Share :

Baca Juga

Nusantara

Fonema Hujan Es di Batam Kepri, Begini Penjelasan BMKG

Nusantara

PPNI RSUD Encik Maryam Lingga Bagi-Bagi Takjil Gratis ke Pengendara Motor

Nusantara

Pemerintah RI Respons Mahathir: Kepri Wilayah Kedaulatan Indonesia

Nusantara

Dugaan Korupsi Dana Hibah Dispora, Mantan Gubernur Kepri Akan Diperiksa

Nusantara

Simak! Jadwal Pemadaman Listrik di Karimun Kepri, 12 Mei 2022

Nusantara

7 Nakes di RSUD Muhammad Sani Karimun Positif Covid-19

Nusantara

Kader Demokrat Kepri Mundur Massal, Demokrat Ungkit Klausul Menantu Harus di DPC Batam

Nusantara

Setelah 2 Tahun Dihentikan, Pelayaran Karimun-Malaysia Kembali Dibuka