Home / Nusantara

Jumat, 1 Juli 2022 - 15:05 WIB

Bawaslu Lingga Jamin Hak Pilih Pemilih Disabilitas di Pemilu 2024

Penguatan pemahaman kepemiluan kepada disabilitas di Aula Wan Fauza Ronald SMAN 1 Lingga, Jumat (1/7/2022). Amorfatimediacom/Pramonco

Penguatan pemahaman kepemiluan kepada disabilitas di Aula Wan Fauza Ronald SMAN 1 Lingga, Jumat (1/7/2022). Amorfatimediacom/Pramonco

AMORFATIMEDIA.COM – Bawaslu Kabupaten Lingga Kepulauan Riau (Kepri) memastikan hak pilih penyandang disabilitas atau difabel dapat tersalurkan pada Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga, Zamroni saat membuka kegiatan “Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas” di Aula Wan Fauza Ronald SMAN 1 Lingga, Jumat (1/7/2022).

“Ini menjamin penyandang disabilitas dapat berpartisipasi dalam kehidupan politik. Termasuk dalam asas penyelenggaraan pemilu,” ujar Zamroni.

Menurut dia, hak-hak disabilitas perlu dikawal bersama. Ini tidak hanya tugas dari penyelenggara, tetapi juga dari kelompok disabilitas itu sendiri.

Baca Juga :  Bangunan Kantor BPD Lingga Kepri Rusak dan Hampir Roboh

“Kendala yang dihadapi kelompok disabilitas yang kami ketahui karena kurangnya kesadaran politik, tidak percaya diri, dan memang kurangnya sosialisasi,” ujarnya.

Kesulitan penggunaan hak suara bagi penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan berpotensi hilangnya hak pilih karena terkendala akses. Untuk itu sejak awal perlu kami antisipasi bersama supaya tidak terjadi.

“Masukan maupun kendala akan menjadi bahan kami dalam menyampaikan saran kepada KPU Kabupaten Lingga saat pendataan penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Zamroni menghimbau kepada pemilih difabel dapat melakukan pengecekan pada pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) maupun daftar pemilih tetap (DPT). Apabila nama pemilih tidak terdaftar dapat segera menghubungi pengawas pemilu.

Baca Juga :  Hati-hati Bakteri! Hindari Semangka Disimpan di Dalam Kulkas

Turut hadir menjadi narasumber, di antaranya adalah Anggota Bawaslu Provinsi Kepri Idris, Ketua KPU Lingga Hasbullah.

Di akhir acara, seluruh peserta membacakan komitmen secara bersama-sama terkait hak pilih disabilitas pada pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

(Pur/Pram)

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google caranya Klik di Sini

Share :

Baca Juga

Nusantara

Deretan Nama 75 Kepala Desa di Lingga yang Dilantik Nizar Hari Ini

Nusantara

7 Nakes di RSUD Muhammad Sani Karimun Positif Covid-19

Nusantara

Kronologi TNI AU Perintahkan Pesawat Asing Mendarat di Batam

Nusantara

Masalah Tumpahan Minyak di Perairan Kepri, Indonesia-Singapura Sepakat Atasi Bersama

Nusantara

Bangunan Kantor BPD Lingga Kepri Rusak dan Hampir Roboh

Nusantara

Target 733 Sertipikat Gratis, Bupati Lingga: Bentuk Kepedulian kepada Masyarakat

Nusantara

Syarat Masuk Wilayah Kepri Wajib PCR Jika Belum Vaksin Booster

Nusantara

Kontraktor Segel Tower BTS di Natuna Kepri, Tagih Pelunasan Kontrak Kerja