Home / Gaya Hidup

Selasa, 19 April 2022 - 16:55 WIB

Bekukan Sperma Bisa Selamatkan Koala dari Kepunahan

Ilustrasi koala Shutterstock/Yatra

Ilustrasi koala Shutterstock/Yatra

AMORFATIMEDIA.COM – Para peneliti di Australia menemukan metode baru untuk menyelamatkan hewan endemik negara tersebut, koala, dari kepunahan. Mereka mengatakan pembekuan sperma koala dapat membantu melindungi dari ancaman kepunahan.

Para ilmuwan di University of Newcastle di New South Wales telah menyarankan untuk menyiapkan laboratorium biologi untuk mengumpulkan sperma. Ini kemudian dapat digunakan sebagai bagian dari program pemuliaan untuk membuktikan spesies di masa depan dan meningkatkan keragaman genetiknya.

Ilmuwan konservasi Ryan Witt mengatakan membangun lab adalah cara melakukan konservasi paling hemat biaya. Lagipula cara ini memungkinkan perkawinan campuran antar koala yang bisa membantu melestarikan  melestarikan keragaman genetik koala di luar spesies yang selama ini ada.

Baca Juga :  Anak-anak yang terinfeksi Covid-19 Miliki Antibodi Alami Selama 7 Bulan

“Saat ini, kami tidak memiliki dana cadangan yang cukup untuk menangani bencana alam seperti kebakaran hutan sepanjang 2019-2020 yang mengancam musnahnya sejumlah besar hewan dalam satu waktu,” katanya seperti dikutip BBC, Selasa, 14 April 2022.

Jika populasi koala mati dalam peristiwa kebakaran seperti dua tahun lalu, tidak ada cara untuk membawa mereka kembali atau melestarikan genetiknya.

“Dengan menggunakan sperma beku, kita dapat memperkenalkan kembali variasi genetik ke dalam populasi koala liar tanpa harus merelokasi koala,” kata Dr Lachlan Howell, juga dari University of Newcastle.

Baca Juga :  Hindari Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Penelitian akan dimulai dengan mempersiapkan 16 rumah sakit khusus satwa liar dan kebun binatang di seluruh Australia yang dapat bertindak sebagai simpul untuk mengumpulkan sperma koala.

Seperti diketahui, koala terancam punah di negara bagian New South Wales (NSW) Australia pada 2050 kecuali ada tindakan serius yang harus dilakukan sesegera mungkin.

Kepunahan ini disebabkan oleh kerusakan habitat yang masif, penyakit, dan peristiwa iklim dalam beberapa tahun terakhir. Sekitar 5.000 koala diperkirakan telah mati dalam kebakaran hutan hanya di negara bagian NSW.

(Pram)

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Perbedaan Harga Indomie di Luar Negeri, Mulai dari Turki hingga Amerika

Gaya Hidup

5 Tips Mengatasi Cemburu Anak dengan Kehadiran Adik Barunya

Gaya Hidup

Bahasa Jawa Ternyata Digunakan di Lima Negara Dunia

Gaya Hidup

Minum Ini Sebelum Tidur, Bantu Bakar Lemak di Perut

Gaya Hidup

Pria Jatuh Cinta Sama Kamu? Coba Baca lewat Sinyal Berikut

Gaya Hidup

Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Ratusan Patung Bergigi Manusia Asli

Gaya Hidup

Harganya Cabai Makin Pedas, Berikut Cara Mengawetkannya

Gaya Hidup

Unik! Buah Kelapa Dijadikan Mahar Perkawinan hingga Status Sosial