Home / Islam Digest

Rabu, 6 April 2022 - 10:20 WIB

Benarkah Siksa Kubur Dihentikan di Bulan Ramadhan?

Ilustrasi kuburan Muslim (SHUTTERSTOCK)

Ilustrasi kuburan Muslim (SHUTTERSTOCK)

AMORFATIMEDIA.COM – Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan, sehingga Allah akan mengampuni dan yang mesucikan orang yang benar-benar bertaubata dengan seungguh-sungguh.

Lalu, benarkah siksa kubur dihentikan di bulan ramadhan?

Adzab kubur termasuk perkara ghaib. Dan masalah ghaib hanya diketahui oleh Allah dan makhluk yang bersangkutan. Yang bisa kita lakukan hanyalah meyakini apa yang disebutkan dalam dalil Al-Quran dan hadis shahih.

Dan kita tidak boleh berkomentar tanpa sumber yang benar. Allah mengingatkan,

“Janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya,” (QS. Al-Isra: 36).

Baca Juga :  Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja

Sebagian lembaga fatwa menegaskan bahwa mereka tidak pernah menjumpai adanya dalil mengenai hal ini. Diantaranya lembaga Fatwa Syabakah Islamiyah,

“Sesungguhnya adzab kubur dan kenikmatan keberadaannya disepakati ahlus sunah. Berdasarkan dalil dari al-Quran dan sunah yang shahih. Dan kami tidak menjumpai adanya dalil yang menunjukkan bahwa adzab kubur dihentikan selama ramadhan,” (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 152793).

Kemudian al-Hafidz Ibnu Rajab menjelaskan bahwa bisa jadi adzab kubur dihentikan di bulan-bulan mulia. Hanya saja, beliau menegaskan bahwa hadis yang menyebutkan hal ini statusnya lemah. Dalam bukunya ahwal al-Qubur, beliau mengatakan,

Baca Juga :  Mengenal Allah Lebih Dekat

“Adzab kubur bisa saja dihentikan pada bulan-bulan mulia. Diriwayatkan dengan sanad lemah dari Anas bin Malik bahwa adzab kubur untuk orang mati dihentikan pada bulan ramadhan,” (Ahwal al-Qubur, hlm. 105).

Hanya saja, ada beberapa kitab fikih yang menyebutkan tentang penundaan adzab kubur di bulan ramadhan, hanya saja tidak disebutkan dalilnya. Allahu a’lam.

Penulis: Pursyahdad

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Bukan Minal Aidzin Wal Faidzin, Ini Ucapan Idul Fitri yang Benar

Islam Digest

Bumi dan Malaikat Menangisi Kepergian Ramadhan

Islam Digest

6 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Dihari Jumat Tersinari Kelak di Hari Kiamat

Islam Digest

Segeralah Tunduk Untuk Bersujud

Islam Digest

Mengenal Allah Lebih Dekat

Islam Digest

Syarat Utama Agar Sedekah Kita Diterima Allah SWT

Islam Digest

Arti Mimpi Gigi Copot dalam Pandangan Islam

Islam Digest

Keutamaan Mengingat Allah SWT