Home / Dunia

Jumat, 15 April 2022 - 15:07 WIB

Bentrok dengan Polisi Israel di Masjid Al Aqsa, 67 Warga Palestina Terluka

Warga Palestina bentrok dengan pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Jumat, 15 April 2022. Foto: AP Photo/Mahmoud Illean

Warga Palestina bentrok dengan pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Jumat, 15 April 2022. Foto: AP Photo/Mahmoud Illean

AMORFATIMEDIA.COM – Warga Palestina terlibat bentrok dengan Polisi Israel di Masjid Al Aqsa, Jumat, 15 April 2022 pagi waktu setempat.

Layanan darurat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan telah mengevakuasi sedikitnya 67 orang warga Palestina  yang terluka ke rumah sakit. Wakaf Islam mengatakan salah satu penjaga di lokasi ditembak di mata dengan peluru karet.

Menurut Bulan Sabit Merah Palestina, pasukan Israel menghalangi kedatangan ambulans dan paramedis untuk mencapai masjid. Media Palestina menambahkan bahwa puluhan jemaah yang terluka masih terjebak di dalam kompleks.

Polisi Israel mengatakan mereka memasuki kompleks, situs tersuci ketiga dalam Islam dan dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai Temple Mount, untuk membubarkan kerumunan “kekerasan” yang tersisa di akhir sholat subuh.

Baca Juga :  Hari Ini, Arab Saudi Evakuasi Warga dari RI

Mereka mengatakan mereka masuk “untuk membubarkan dan mendorong kembali” kerumunan setelah sekelompok orang Palestina mulai melemparkan batu ke arah ruang doa Yahudi di Tembok Barat.

Namun, pengelola masjid menyebut bahwa eskalasi terjadi ketika kelompok sayap kanan Yahudi mengorganisir penyerangan massal Masjid Al-Aqsha selama liburan Paskah Yahudi dan untuk mempersembahkan hewan kurban di halamannya.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Israel, lewat akun Twitter-nya, turut menyampaikan hal serupa. Ia mengatakan, puluhan pria bertopeng membawa bendera Palestina dan Hamas berbaris ke kompleks Al Aqsa pada Jumat pagi. Mereka disebut mengumpulkan batu.

“Polisi dipaksa masuk ke halaman untuk membubarkan kerumunan dan memindahkan batu-batu tersebut, guna mencegah kekerasan lebih lanjut,” kata Kemenlu Israel.

Baca Juga :  Macron: Melarang wanita muslim Prancis mengenakan jilbab akan picu perang saudara

Pada momen itulah bentrokan pecah. Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, warga Palestina melemparkan batu ke arah pasukan keamanan Israel. Pasukan Israel membalasnya dengan menembakkan gas air mata dan granat kejut. Sebagian warga berlari memasuki masjid.

Ramadhan tahun ini bertepatan dengan hari raya Paskah Yahudi dan pekan suci umat Kristen, membawa ribuan peziarah dan pengunjung lainnya ke Yerusalem.

Ketegangan meningkat di wilayah itu dalam beberapa pekan terakhir. Israel telah melakukan penangkapan dan serangan militer di Tepi Barat yang diduduki secara ilegal, setelah serangkaian serangan mematikan oleh warga Palestina di dalam wilayah Israel.

Insiden ini menyebabkan beberapa warga Palestina telah tewas, termasuk tujuh orang sejak Rabu lalu.

(Pram)

Share :

Baca Juga

Dunia

Bikin curiga Rusia, Jurnalis Rusia Temukan Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina

Dunia

Dapatkah Sri Lanka Pulih dari Keruntuhan Ekonomi?

Dunia

AS tangkap ketua Yakuza yang mencari rudal untuk pemberontak di Myanmar dan Sri Lanka

Dunia

WHO Akan Kaji Status Cacar Monyet

Dunia

Reformasi Saudi dan Kemungkinan Normalisasi dengan Israel

Dunia

Lansia di Shanghai Ditemukan Masih Hidup saat Dibungkus Kantong Jenazah

Dunia

Nasa Membuat Sejarah, Luncurkan Roket Pertama dari Australia

Dunia

Teori Konspirasi! Bill Gates Dituding Jadi Dalang Wabah Cacar Monyet