Home / Islam Digest

Rabu, 20 April 2022 - 15:04 WIB

Berbisnis dengan Sukses Ala Rasululah SAW

Berbisnis dengan Suksek Ala Rasululah SAW. Foto: Int

Berbisnis dengan Suksek Ala Rasululah SAW. Foto: Int

AMORFATIMEDIA.COM – Siapa yang tidak kenal dengan Rasulullah Muhammad SAW, sang revolusioner. Dengan kemuliaan dan keagungan sifat-sifatnya telah mampu merubah kekelaman zaman di seluruh pelosok penjuru dunia, meskipun beliau secara fisik telah meninggal berabad-abad yang lalu, namun pengaruh yang beliau wariskan kepada umat hingga saat ini masih dapat dirasakan.

Tidak sedikit dari kaum non-muslim juga mengakui keagungan dan kemuliaan beliau, tidak lain karena anugrah Allah SWT yang diberikan kepada beliau yaitu kemuliaan dan keagungan sifat-sifat yang ada pada diri Rasulullah SAW itu sendiri.

Sesungguhnya terdapat dalam diri Rasul teladan yang baik bagi yang mengharapkan (ridha) Allah dan ganjaran di hari kemudian. (QS Al-Ahzab [33]: 2l)

Baca Juga :  Awal Mula Masuknya Islam di Indonesia

Rasulullah merupakan teladan umat yang rahmatan lil`alamin sebagaimana ajaran Islam yang dibawanya, pemberi pencerahan pada segala lini dan sisi kehidupan manusia. Tak terkecuali yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup melalui jalur perekonomian, secara lansung maupun tidak lansung.

Rasulullah dikenal sebagai saudagar ulung dengan kejujuran, kemuliaan dan amanahnya dalam berniaga sehingga beliau mendapat gelar al-Amin (yang terpercaya).

Dengan keagungan dan kemuliaan sifat-sifatnya, beliau juga terkenal sebagai seorang marketer yang cerdas dan beretika. Sifat-sifat itulah yang kemudian pada zaman modern ini menjadi dasar penting dalam marketing syariah/spiritual marketing.

Sebagai muslim, sudah semestinya tidak direpotkan untuk mencari figur pebisnis yang sukses di usia muda, dia adalah Rasulullah Muhammad SAW.

Baca Juga :  Amerika Tuding Aplikasi PeduliLindungi Langgar HAM

Beliau adalah pebisnis yang handal, pedagang yang jujur, sukses dan bersahaja. Karakter dan sifat Nabi Muhammad SAW dalam melakukan proses bisnis sungguh sangat mulia.

Nabi Muhammad telah menunjukkan bagimana cara berbisnis yang berpegang teguh pada kebenaran, kejujuran, dan sikap amanah sekaligus bisa tetap memperoleh keuntungan yang optimal.

Dengan berpegang teguh pada nilai-nilai yang terdapat pada Alqur’an, nabi Muhammad melakukan bisnis secara profesional. Nilai-nilai tersebut menjadi suatu landasan yang dapat mengarahkan untuk tetap dalam koridor yang jujur, adil dan benar serta berkah yang mengundang keridhoan Allah SWT.

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Doa Hasan al-Bashri di Bawah Kilatan Pedang Algojo Irak

Islam Digest

Keutamaan Sholat Tepat Waktu, Sebagai Petunjuk dan Keselamatan

Islam Digest

Benarkah Siksa Kubur Dihentikan di Bulan Ramadhan?

Islam Digest

Mengiurkan, Namun Dampak Negatif Judi Sudah Diperingatkan Dalam Al Quran

Islam Digest

Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat

Islam Digest

Manfaat Sholat Tahajud Disertai Tata Caranya

Islam Digest

Membunuh Begal untuk Selamatkan Diri Menurut Hukum Islam

Islam Digest

Cara Mandi Junub yang Benar Menurut Ajaran Rasulullah SAW