Home / Nusantara

Sabtu, 24 September 2022 - 14:57 WIB

Berlabuh di Kepri, Kapal Pesiar Diusulkan Tidak Dipungut PNBP

Sejumlah kapal berlabuh di kawasan wisata Turi Beach Resort Nongsa Kota Batam. TEMPO

Sejumlah kapal berlabuh di kawasan wisata Turi Beach Resort Nongsa Kota Batam. TEMPO

AMORFATIMEDIA.COM – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly diminta mengeluarkan kebijakan bebas pungutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk kapal pesiar (cruise ship) saat labuh jangkar di Kepulauan Riau (Kepri). Kebijakan tersebut dinilai perlu dikeluarkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepri.

Hal itu disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat bertemu dengan Menkumham di Jakarta. Ansar mengatakan kebijakan izin labuh jangkar kapal pesiar tersebut akan membuat wisatawan dapat turun di suatu kawasan wisata tertentu.

“Kita sudah mendapat lampu hijau dari Menteri Yasonna bersama Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Ditjen Imigrasi Kemenkumham,” kata Ansar, Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga :  Grup Whatsapp Tak Asik, Ini Cara Keluar dari Grup Diam-diam

Ansar menjelaskan rencananya wisatawan dari kapal pesiar akan diberi kartu pass sebagai penanda. “Turis dari kapal pesiar dapat turun selama 7 jam,” kata dia.

Kabupaten Bintan di Kepulauan Riau, khususnya wisata Lagoi menjadi destinasi kapal pesiar. Belum lama ini kapal pesiar Genting Dream singgah di Bintan. Kapal itu bertolak dari Marina Bay Cruise Center Singapura.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan Bintan Resorts dan Resorts World Cruises Singapura juga sudah menjalin kerjasama mendatangkan kapal pesiar ke Bintan.

“Diproyeksikan perjalanan mingguan kapal pesiar ini akan menyumbangkan angka pelancong berkisar rata-rata 4.000 hingga 5.000 orang per bulan, dan kita sudah menandatangani nota kesepakatan untuk 52 minggu,” kata dia belum lama ini.

Baca Juga :  Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim

Beberapa bulan belakangan data BPS menunjukkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara terus meningkat ke Kepulauan Riau. Sebelumnya di masa pandemi Covid-19, kunjungan turis turun drastis. Langkah pembebasan PNBP kapal pesiar itu dinilai bisa mendongkrak wisata Kepri.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Lihat Artikel Asli

Share :

Baca Juga

Nusantara

Bocah Usia 2 tahun di Lingga Kepri Tewas Ditabrak Motor, Pelaku Anak di Bawah Umur

Nusantara

Wabah Cacar Monyet, Kepri Tingkatkan Kewaspadaan

Nusantara

Pemerintah RI Respons Mahathir: Kepri Wilayah Kedaulatan Indonesia

Nusantara

Ibu Gorok 3 Anak di Jateng, Begini Alasannya

Nusantara

Kasus Aktif Covid-19 di Kepri Mencapai 6.926

Nusantara

Nelayan diminta Waspada, Gelombang Tinggi di Perkirakan terjadi di Anambas dan Natuna

Nusantara

Panitia Mengaku Malu, Muswil Pemuda Pancasila Kepri Menyisakan Utang

Nusantara

Gubernur Ansar Anggarkan Rp 7 miliar untuk Bangun Rumah Suku Laut di Lingga