Home / Nasional

Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:53 WIB

BI dan Pemerintah Luncurkan Rupiah Terbaru, Ada Gambar ‘Misterius’

Penguatan unsur pengamanan Ultra Violet (UV) pada Uang Rupiah Kertas Emisi 2022. (Dok. BI)

Penguatan unsur pengamanan Ultra Violet (UV) pada Uang Rupiah Kertas Emisi 2022. (Dok. BI)

AMORFATIMEDIA.COM – Pemerintah diwakili Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Bank Indonesia (BI) diwakili Gubernur Perry Warjiyo hari ini meluncurkan rupiah kertas Tahun Emisi 2022 hari ini, Kamis (18/8/2022).

Sri Mulyani menuturkan, rupiah tidak hanya sekadar alat tukar namun juga berisikan cerita dan narasi mengenai kebangsaan, keberagaman dan kebersatuan.

“Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua,” kata Sri Mulyani dalam peluncuran di Gedung BI, Kamis (18/8/2022).

Sri Mulyani menegaskan bahwa rupiah adalah alat pembayaran yang sah di Indonesia. Sudah sepatutnya seluruh warga Indonesia memperlakukan rupiah sebagai sesuatu yang dihormati dan dibanggakan.

“Bersama rupiah kita bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju,” tuturnya.

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Baca Juga :  Menaker Dorong Perlindungan Tenaga Kerja di Perkebunan Sawit

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, Kamis (18/8/2022). (Tangkapan Layar Youtube BI)

Ketujuh uang baru ini kembali menggunakan unsur pengamanan ultraviolet dengan perluasan sebaran luas area UV dengan keragaman warna.

Selain teknologi ultraviolet terbaru, uang kertas baru ini juga menggunakan benang pengaman teknologi terkini alias microlenses yang merupakan bagian dari best practice mata uang di sejumlah negara-negara internasional.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Baca Juga :  Marak Penipuan Atas Nama Bank, BRI Imbau Nasabah dan Masyarakat Waspada

Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahkan, BI juga melakukan penguatan teknologi tinta berubah warna dengan menambahkan fitur magnetic ink yang memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar sebagaimana best practice internasional.

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

(Pram/Pur)

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Nasional

Kasus Covid-19 Melonjak, Arab Saudi Larang Warganya Mengunjungi Indonesia

Nasional

IHSG Dibuka Menguat, Diproyeksi 7.000-7.100A

Nasional

Tak Bayar Upah Lembur saat Libur Nasional, Pengusaha Bisa Dipidana

Nasional

Haris Azhar dan Fatia Jadi Tersangka, Akuntabilitas Polisi Perlu Diuji

Nasional

DPR Anggarkan Rp48,7 Miliar untuk Ganti Gorden dan Rp11 Miliar Pengaspalan Area Gedung

Nasional

UAS Ditolak Masuk ke Singapura, Dubes RI di Singapura Beri Penjelasan

Nasional

Miguel Oliveira Persembahkan Kemenangan untuk Pegawai Hotel di MotoGP Mandalika

Nasional

Ini Pesan Ibu Guru Nani yang Viral tentang ‘Nilai Ujian Tak Penting’