Home / Islam Digest

Minggu, 1 Mei 2022 - 08:45 WIB

Bumi dan Malaikat Menangisi Kepergian Ramadhan

Ilustrasi freepik.com

Ilustrasi freepik.com

AMORFATIMEDIA.COM – Waktu berlalu begitu cepat. Hari ini kita memasuki malam terakhir bulan Ramadhan 1443 Hijriyah, Sabtu (30/4/2022).

Ramadhan sebentar lagi pergi meninggalkan kita. Namun, jika dilihat di sekeliling kita, masyarakat justru disibukkan dengan hiruk pikuk menyambut Idul Fitri. Pasar dan pusat perbelanjaan mulai padat dengan manusia jelang hari raya. Seolah mereka telah benar-benar siap menyambut hari kemenangan.

Jika manusia senang menyambut hari raya Idul Fitri, tidak demikian halnya dengan malaikat. Makhluk mulia ciptaan Allah SWT yang senantiasa bertasbih memuji-Nya dan diciptakan hanya untuk menghamba kepada-Nya semata.

Baca Juga :  Arti Mimpi Gigi Copot dalam Pandangan Islam

Malaikat yang waktunya dihabiskan untuk beribadah kepada Allah, begitu sedih menyaksikan kepergian bulan suci Ramadhan.

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun dalam satu kajiannya menukil sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Ketika datang akhir malam bulan Ramadhan, langit dan bumi, serta para Malaikat menangis karena merupakan musibah bagi umat Nabi Muhammad SAW. Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, musibah apakah itu? Rasulullah menjawab: “Lenyaplah bulan Ramadhan karena sesungguhnya doa-doa di bulan Ramadhan dikabulkan, dan sedekah diterima, kebaikan dilipat gandakan, dan adzab ditolak.”

Baca Juga :  Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Samai Rekor Legenda MU Sir Alex Ferguson

Dalam keterangan lain disebutkan:

ِإذَا كَانَ َاخِرُ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ بَكَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ وِالْمَلاَئِكَةُ مُصِيْبَةً لِاُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قِيْلَ اَيُّ مُصِيْبَةٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم هِيَ ذَهَابُ رَمَضَانَ لِاَنَّ الدَّعْوَاتِ فِيْهِ مُسْتَجَابَةٌ وَالصَّدَاقَةً مَقْبُوْلَةٌ

Artinya: “Ketika tiba akhir malam Ramadhan, langit, bumi dan Malaikat menangis karena adanya musibah yang menimpa umat Nabi Muhammad. (Sahabat) bertanya, Musibah apakah wahai Rasulullah?” Nabi menjawab: “Berpisah dengan bulan Ramadhan, sebab pada bulan ini doa dikabulkan dan shadaqah diterima.”

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Doa Buka Puasa Ramadan yang Shahih

Islam Digest

Mengapa Nabi Muhammad SAW Terpilih Sebagai Nabi dan Rasul Terakhir?

Islam Digest

Mengulik Burung dalam Alquran, Burung Hud-Hud

Islam Digest

Manfaat Sholat Tahajud Disertai Tata Caranya

Islam Digest

Makruh! Jangan Lakukan Hal Ini Selama Puasa

Islam Digest

Keutamaan Sholat Tepat Waktu, Sebagai Petunjuk dan Keselamatan

Islam Digest

Keutamaan Mengingat Allah SWT

Islam Digest

Kisah Azan Terakhir Bilal Bin Rabah yang Menggetarkan Madinah