Home / Kesehatan

Senin, 25 Juli 2022 - 07:52 WIB

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur

Ilustrasi PIXABAY/Sam Williams

Ilustrasi PIXABAY/Sam Williams

AMORFATIMEDIA.COM – Sakit gigi terjadi ketika kuman dan bakteri merusak gigi dan membuat gigi bolong. Ketika gigi bolong, maka akan menyebabkan saraf-saraf di gigi bisa rusak dan membuat gusi menjadi bengkak.

Gusi bengkak sendiri, terjadi ketika adanya peradangan pada area gusi akibat bakteri. Semakin dalam lubang pada gigi, maka bakteri juga semakin banyak. Jika lubang sudah mencapai saluran akar, bakteri akan masuk sampai ke ujung akar. Pada ujung akar, bakteri terjebak dan memicu peradangan.

Gusi bengkak tentu saja mengganggu kita beraktivitas. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi yang bengkak akibat gigi berlubang? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi gusi bengkak yang bisa ditemukan dari dapur:

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam cukup ampuh meredakan nyeri gusi bengkak. Sedulur cukup menyiapkan segelas air hangat dan mencampurkan satu sendok garam, aduk hingga rata lalu gunakan untuk berkumur. Gunakan 3 kali sehari agar gusi bengkak dapat sembuh dengan cepat.

Baca Juga :  Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja
Kompres dengan es atau air hangat

Mengkompres gusi dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut. Sementara gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.
Berkumur menggunakan lemon

Gusi bengkak bisa disebabkan karena gigi berlubang. Dengan berkumur menggunakan lemon, bisa membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Berkumur menggunakan air hangat dicampur perasan jeruk lemon sebanyak 3 kali sehari.

Berkumur menggunakan daun jambu biji

Salah satu cara mempercepat kempesnya gusi bengkak yakni dengan berkumur menggunakan rebusan daun jambu biji. Daun jambu biji ini mengandung antibakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut.

Baca Juga :  Tiga Cara Ampuh Tidur Cepat dalam 30 Detik
Mengoleskan belimbing wuluh pada gusi

Belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Gunakan belimbing wuluh yang belum matang dan tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian yang bengkak.

Menempelkan bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman penyebab gusi bengkak. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

Menempelkan bawang putih

Salah satu bumbu dapur ini memiliki manfaat antiseptik alami yang bisa mengatasi gusi bengkak. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam, lalu tempelkan pada gusi yang sakit.

Selanjutnya: Mengoleskan madu

Share :

Baca Juga

Kesehatan

5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres

Kesehatan

Muncul Ancaman Virus Hendra, Kenali Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

Kesehatan

7 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan, Mempercepat Penyembuhan Luka

Kesehatan

Cara Menyimpan Daging Kurban dengan Benar, Jangan Langsung Dicuci

Kesehatan

Ketahui Manfaat Rutin Makan Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Konsumsi Buah Ini untuk Memperlambat Penuaan Otak

Kesehatan

7 Dampak Buruk Tidak Sarapan, Kehilangan Nutrisi hingga Stres

Kesehatan

Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya