Home / Kesehatan

Jumat, 10 Juni 2022 - 19:18 WIB

Cara Mengatur Instagram agar Tak Ganggu Kesehatan Mental

Ilustrasi Instagram Stories. businessinsider.com

Ilustrasi Instagram Stories. businessinsider.com

AMORFATIMEDIA.COM – Di balik kepopulerannya sebagai media sosial terlaris di dunia, Instagram ternyata memiliki sejumlah dampak negatif yang jarang disadari. Salah satunya bisa mengganggu kesehatan mental penggunanya.

Pasalnya, muatan konten di dalamnya sering melukiskan gambaran kesempurnaan yang tidak realistis dan melahirkan prasangka buruk tentang diri sendiri.

Mengutip laporan situs berita Time, terdapat penelitian bahkan mengaitkan penggunaan media sosial Instagram dengan peningkatan depresi, citra tubuh negatif, kebiasaan tidur yang buruk, dan kecemasan tinggi. Gejala awal yang bisa diamati yakni ketika seseorang menghabiskan waktunya hanya untuk menggulir konten di aplikasi Instagram.

Apabila terlanjur demikian, perlu adanya tindakan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Misalnya, mengubah pengaturan Instagram untuk membantu menjaga suasana hati. Berikut beberapa tips menyesuaikan pengaturan Instagram agar tidak mengganggu kesehatan mental:

Baca Juga :  Mengintip Gaji CPNS, Alasan Ratusan Calon Mundur
1. Batasi Penggunaan Instagram 30 Menit Sehari

Akses Instagram berlebihan bisa menghilangkan tanggung jawab untuk melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Usaha membatasi penggunaan Instagram maksimal 30 menit dalam sehari diklaim efektif mengatasi tersebut.

“Jika lebih dari 30 menit sehari, saatnya untuk menguranginya secepat mungkin,” kata psikolog Yvonne Thomas dikutip dari Real Simple. 

Untuk mengaktifkan pengaturan pembatasan waktu akses Instagram, dilakukan dengan cara mengetuk ikon “tiga garis” di sudut kanan atas layar pada menu menu “Profil”.

Pilih opsi “Aktivitas Anda”, lalu pada fitur “Waktu dihabiskan” silakan menuju ke “Tetapkan batas waktu harian”. Selanjutnya tinggal memilih jumlah waktu yang diinginkan, misalnya 30 menit.

Baca Juga :  Marak Penipuan Atas Nama Bank, BRI Imbau Nasabah dan Masyarakat Waspada
2. Matikan Pemberitahuan 

Sulit untuk membatasi interaksi dengan Instagram jika terus-menerus menerima pemberitahuan. Baik berupa pemberitahuan pesan, menyukai kiriman, atau komentar.

Daripada tergoda untuk melihat setiap perkembangan kiriman, mematikan pemberitahuan dapat mengatasi hal ini.

Caranya dengan mengetuk ikon “tiga garis” di sudut kanan atas layar pada menu menu “Profil”. Setelah itu, pilih menu “Pengaturan”, lalu “Pemberitahuan”.

Ubah pengaturan pemberitahuan agar sesuai dengan preferensi. “Setelah Anda memposting, matikan notifikasi dan atur waktu untuk memeriksa ponsel Anda nanti dan dengan batas waktu,” kata Thomas.

Kontrol Menu Komentar, Suka, dan Tampilan Instagram…

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Enam Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

Kesehatan

Jangan Makan Sendirian Kalau Tidak Ingin di Incar Penyakit Ini!

Kesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur

Kesehatan

Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

Kesehatan

5 Tips Mengisi Daya Sahur untuk Puasa Berenergi!

Kesehatan

10 Tanda Penyakit Ginjal Ini Perlu Diwaspadai, Keinginan Kencing terus-menerus

Kesehatan

Jangan Tidur Dekat HP, Waspada Bahaya Merugikan Anda!

Kesehatan

6 Cara Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok