Home / Nasional

Sabtu, 2 April 2022 - 10:19 WIB

Cek Penerima PKH dan BPNT 2022, Bisa Daftar Online dan Diusulkan Pihak Desa

Ilustrasi Penerima Bantuan Sosial/Yusuf Nugroho

Ilustrasi Penerima Bantuan Sosial/Yusuf Nugroho

AMORFATIMEDIA.COMBLT minyak goreng yang akan disalurkan pemerintah, hanya untuk warga yang terdaftar di PKH dan BPNT.

Untuk yang tidak terdaftar, bisa mengajukan diri melalui desa atau media online resmi milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Bagi yang sudah tercatat sebagai PKH dan BPNT, bisa menyalurkan bantuannya melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA), yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

Program PKH ini bantuan sosial bersyarat untuk Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. Pembagian PKH biasanya dilakukan dalam empat tahap, yakni antara Januari, April, Juli, dan Oktober.

Pemerintah desa akan mengusulkan siapa saja warganya yang masuk kategori miskin dan berhak mendapat bantuan pemerintah. Setelah diusulkan pihak desa, nama warga yang menjadi penerima PKH akan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Baca Juga :  BPK Rentan Disuap untuk Dapat Hasil Audit Berstatus WTP

Biasanya, warga yang terdaftar sebagai penerima PKH, oleh verifikator, rumah tempat tinggal penerima ditempeli stiker. Stiker ini sebagai tanda jika pemilik rumah kategori miskin dan berhak mendapatkan bantuan.

Bagaimana jika nama warga yang membutuhkan, akan tetapi belum terdaftar?

Bagi masyarakat yang belum terdaftar, maka bisa mengajukan diri secara online sebagai penerima PKH. Selain PKH ada juga bantuan dari Kemensos lainnya, BPNT alias Kartu Sembako.

BPNT ini sama seperti PKH, akan menjadi bansos reguler dari Kemensos. Penyaluran akan terus dilakukan meski sudah tidak pandemi.

Untuk penyaluran BPNT, dilakukan setiap bulan selama periode Januari–Desember. Bantuan bisa diambil melalui Bank Himbara, seperti BNI, BRI, Mandiri dan BTN), dan agen yang ditunjuk.

Baca Juga :  Raja Haji Fisabilillah, Pahlawan Nasional Asal Kepri yang Dianggap Viking oleh Belanda

Uang tunai yang akan diterima warga BPNT, senilai Rp200.000/bulan/keluarga penerima manfaat (KPM). BPNT ini sudah tidak berwujud kebutuhan pangan, melainkan uang tunai. Masyarakat penerima manfaat, yang akan membelikannya sendiri kebutuhan pangan yang diperlukan.

Dana segar BPNT ini tidak boleh dipergunakan untuk membeli rokok, minuman keras, dan narkotika. Untuk pembagian uang kes BPNT pada Maret 2022, jumlah nominal bantuan Rp600.000.

Pencairan BPNT dilakukan secara dirapel, untuk tiga bulan sekaligus yaitu pada tahap 1, 2, dan 3. Untuk penyaluran bantuan sembako BPNT, Rp600.000 akan disalurkan PT Pos Indonesia.

Editor: Pramonco

Share :

Baca Juga

Nasional

ASN Dilarang Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Dinas

Nasional

Kasus ACT, Ini Fakta-fakta Dugaan Penyelewengan Dana Masyarakat

Nasional

Mengintip Gaji CPNS, Alasan Ratusan Calon Mundur

Nasional

Kejagung Tentukan Sikap Kasus Minyak Goreng Awal April

Nasional

Politikus PDIP yakin Febri dan Rasamala profesional bela Ferdy Sambo dan istri

Nasional

Desak Minta Maaf, Massa Pendukung UAS Datangi Kedubes Singapura

Nasional

Kominfo targetkan 30.000 UMKM dapat pendampingan teknologi 4.0

Nasional

OMG! Online Shop Jual ‘Remot AC Langit’ Senilai Rp345 Juta