Home / Nasional

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:44 WIB

Daftar Tunggu Haji Nyaris 100 Tahun, Ini Penjelasan Kemenag

Kakbah, tujuan haji umat Islam seluruh dunia. AP/Amr Nabil

Kakbah, tujuan haji umat Islam seluruh dunia. AP/Amr Nabil

AMORFATIMEDIA.COMIbadah haji adalah salah satu amalan wajib yang istimewa bagi umat muslim. Tak heran jika umat Islam berlomba-lomba memperbaiki diri hingga pantas berangkat ke Baitullah. Sayangnya sekadar usaha dan niat tampaknya belum cukup membantu muslim bisa berhaji.

Dikutip dari situs Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Ditjen PHU Kemenag), daftar tunggu haji di Indonesia nyaris 100 tahun. Menurut Kemenag, fenomena ini berkaitan dengan kuota haji 2022.

“Estimasi keberangkatan selalu menggunakan angka kuota tahun terakhir sebagai angka pembagi. Tahun ini kebetulan kuota haji Indonesia hanya 100.051 atau sekitar 46 persen dari kuota normal tahun-tahun sebelumnya,” kata Kasubdit Siskohat Ditjen PHU Hasan Afandi.

Baca Juga :  UAS Ditolak Masuk ke Singapura, Dubes RI di Singapura Beri Penjelasan

Kuota haji 2022 turun jika dibandingkan sebelumnya pada 2020. Total jamaah haji yang bisa berangkat ke Baitullah saat itu adalah 221 ribu orang, yang terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 untuk haji khusus.

“Hal inilah yang secara otomatis menyebabkan estimasi keberangkatan semakin lama. Sebab, ketika kuota turun, maka otomatis estimasi keberangkatan akan naik,” jelasnya.

Sayangnya kuota ini dibatalkan saat pandemi COVID-19 menyerang, yang berdampak pada pemberangkatan haji. Kuota ini masih diterapkan hingga ada kepastian jumlah jamaah haji yang bisa berangkat pada 2023.

Baca Juga :  Pemerintah Manfaatkan Kepri sebagai Hub Ekspor Produk UMKM Bagian Barat Indonesia

Artinya, perkiraan waktu keberangkatan (estimasi) dengan masa tunggu yang panjang ini masih berlaku. Padahal, jika kuota haji kembali seperti pada 2020 maka estimasi keberangkatan bisa disesuaikan.

“Bila kuota nasional kembali 100 persen, secara otomatis, estimasi keberangkatan akan menyesuaikan kembali, karena sistem aplikasinya memang begitu,” kata Hasan.

Berikut 15 Wilayah dengan daftar waktu tunggu haji terlama…

Share :

Baca Juga

Nasional

Mahfud Sebut Paham Wahabi dan Salafi Tidak Cocok di Indonesia

Nasional

105 Tahun Adam Malik: Dari Wartawan Hingga Isu Mata-mata CIA

Nasional

Peringatan ke-67 KAA di Bandung, dari Indonesia Menuju Solidaritas Dunia

Nasional

Kasus ACT, Ini Fakta-fakta Dugaan Penyelewengan Dana Masyarakat

Nasional

Anggota TNI AD Tembak Adik Ipar Hingga Tewas saat Dangdutan

Nasional

Aturan Terbaru, Naik pesawat tak perlu lagi PCR

Nasional

Hakim Vonis Bebas Polisi Pembunuh FPI, Kuasa Hukum FPI: Sudah Kami Duga

Nasional

UAS Ditolak Masuk ke Singapura, Dubes RI di Singapura Beri Penjelasan