Home / Islam Digest

Selasa, 10 Mei 2022 - 07:56 WIB

Dilanda Cemburu, Baca Doa Ini untuk Meringankannya

Ilustrasi

Ilustrasi

AMORFATIMEDIA.COM – Perasaan cemburu merupakan perasaan yang wajar dialami oleh siapa saja. Perasaan cemburu juga menjadi perasaan yang kerap menghantui individu. Apalagi jika rasa cemburu ini adalah cemburu pada pasangannya.

Namun, baiknya rasa cemburu tetap harus dikendalikan agar tidak berlebihan. Sebab, cemburu berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif, terutama perasaan buruk. Tidak jarang perasaan buruk memicu pertengkaran rumah tangga, bahkan berujung pada perceraian.

Dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), Siti Aisyah RA secara jujur menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah menegur dirinya karena melontarkan perkataan yang menyangkut fisik istri Rasulullah SAW lainnya. Rasulullah SAW tidak segan menegur sebuah tindakan seseorang di luar batas dalam mengekpresikan perasaan cemburu atau kecewa sebagaimana riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi berikut ini:

Baca Juga :  12 Napi di Kepri Bebas Lebaran 2022, ini Syarat Remisi Napi

“Diriwayatkan kepada kami dalam Sunan Abbu Dawud dan At-Tirmidzi dari Aisyah RA, ia berkata, ‘Aku pernah mengatakan kepada Rasulullah SAW, ‘Cukup bagimu perihal kekurangan Shafiyyah yang ini dan itu,’–sebagian perawi mengatakan bahwa yang dimaksud Aisyah adalah soal tinggi badan Shafiyah yang rendah.–Rasul menegurku, ‘Kau telah melontarkan sebuah kalimat luar biasa, yang bila dilemparkan ke laut, niscaya ia akan bercampur (mengubah rasa air) laut tersebut.’ Aku juga pernah menceritakan (keburukan) seseorang kepadanya. Lalu Rasul menanggapi, ‘Aku tidak suka bercerita perihal seseorang dan aku mendapatkan (keuntungan) ini dan itu.’’ At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 289).

Baca Juga :  Manfaat Sholat Tahajud Disertai Tata Caranya

Agar perasaan cemburu tidak menggerogoti hati, dianjurkan untuk membaca doa ini.

Bismillah, Allahumma daawini bidawaaika, wasyfini bisyifaaika, wa aghnini bifadhlika ‘amman siwaaka, wahdzar ‘anni aadzaka.

Artinya,

“Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah obatilah aku dengan pengobatan-Mu, dan sembuhkanlah aku dengan kesembuhan-Mu. Cukupilan aku dengan karunia-Mu, jangan sampai aku meminta kepada selain-Mu, dan jauhkanlah aku dari penyakit-Mu.”

(Rodal/Pur)

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Membunuh Begal untuk Selamatkan Diri Menurut Hukum Islam

Islam Digest

Iman Kepada Takdir Allah dan Hikmahnya

Islam Digest

Pesan Rasulullah SAW agar Menjaga Dua Hal ini

Islam Digest

Arti Zuhud dan Alasan Ali bin Abi Thalib Mentalak 3 Dunia

Islam Digest

Bukan Minal Aidzin Wal Faidzin, Ini Ucapan Idul Fitri yang Benar

Islam Digest

Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim

Islam Digest

Perbuatan Dosa yang Menyebabkan Siksa Kubur

Islam Digest

Kisah Azan Terakhir Bilal Bin Rabah yang Menggetarkan Madinah