Home / Islam Digest

Jumat, 29 April 2022 - 08:18 WIB

Doa Hasan al-Bashri di Bawah Kilatan Pedang Algojo Irak

Al-Hassan Al-Basri. sotor.com

Al-Hassan Al-Basri. sotor.com

AMORFATIMEDIA.COM – Suatu ketika Hasan al-Bashri membuat banyak pejabat Irak terheran-heran. Tak dinyana, penguasa Irak, Hajjaj bin Yusuf ats-Tsaqafi , yang telah menyiapkan algojo untuk membunuhnya, tiba-tiba luruh setelah berhadapan dengannya.

Hasan al-Bashri adalah ulama yang paling vokal melontarkan kritik terhadap Hajjaj yang bertindak sewenang-wenang. Kala itu, tak banyak orang yang berani melawan penguasa yang tiran macam Hajjaj.

Suatu ketika, Hajjaj membangun istana yang megah untuk dirinya di kota Wasit. Ketika pembangunan selesai, diundangnya orang-orang untuk melihat dan mendoakannya. Hasan al-Bashri tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang baik itu.

Ketika Hasan al-Bashri tiba di tempat itu dan melihat begitu banyak orang mengelilingi istana yang megah dan indah dengan halamannya yang luas, beliau berdiri untuk berkhutbah.

Baca Juga :  Mengapa Nabi Muhammad SAW Terpilih Sebagai Nabi dan Rasul Terakhir?

Di antara yang beliau sampaikan adalah: “Kita mengetahui apa yang dibangun oleh manusia yang paling kejam dan kita dapati Fir’aun yang membangun istana yang lebih besar dan lebih megah daripada bangunan ini. Namun kemudian Allah membinasakan Fir’aun beserta apa yang dibangunnya. Andai saja Hajjaj bahwa penghuni langit telah membencinya dan penduduk bumi telah memperdayakannya…”

Beliau terus mengkritik dan mengecam hingga beberapa orang mengkhawatirkan keselamatannya dan memintanya berhenti: “Cukup Wahai Abu Sa’id, cukup.”

Baca Juga :  Pemprov Kepri Cari Solusi untuk 7.000 Tenaga Honorer yang Akan di Hapus

Namun Hasan al-Bashri berkata, “Wahai saudaraku, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengambil sumpah dari ulama agar menyampaikan kebenaran kepada manusia dan tak boleh menyembunyikannya.”

Keesokan harinya Hajjaj menghadiri pertemuan bersama para pejabatnya dengan memendam amarah dan berkata keras: “Celakalah kalian! Seorang dari budak-budak Basrah itu memaki-maki kita dengan seenaknya dan tak seorang pun dari kalian berani mencegah dan menjawabnya. Demi Allah, akan kuminumkan darahnya kepada kalian wahai para pengecut!”

Hajjaj memerintahkan pengawalnya untuk menyiapkan pedang beserta algojonya dan menyuruh polisi untuk menangkap Hasan al-Basri.

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Cara Mandi Junub yang Benar Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Islam Digest

Arti Zuhud dan Alasan Ali bin Abi Thalib Mentalak 3 Dunia

Islam Digest

Awal Mula Masuknya Islam di Indonesia

Islam Digest

Benarkah Mayit Disiksa Karena Tangisan Keluarganya?

Islam Digest

Kisah Azan Terakhir Bilal Bin Rabah yang Menggetarkan Madinah

Islam Digest

Berbisnis dengan Sukses Ala Rasululah SAW

Islam Digest

Kalau Ada Masalah Jangan Curhat ke Manusia, Curhatlah kepada Allah

Islam Digest

Wajib Dicoba! 4 Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran