Home / Nasional

Selasa, 13 Juli 2021 - 15:02 WIB

Dokter Lois Owein dilepas Polisi setelah di periksa sejak Sabtu pekan lalu

Foto : Facebook Dr LOUIS OWIEN Fans

Foto : Facebook Dr LOUIS OWIEN Fans

AMORFATIMEDIA.COM, Lingga – Bareskrim Polri melepaskan dokter Lois Owein setelah ditangkap dan diperiksa sejak Sabtu pekan lalu, 10 Juli 2021. Sebelum Polisi melepas dokter Lois Owein, polisi telah terlebih dahulu menaikkan status Lois sebagai tersangka penyebaran berita bohong atau hoaks soal Covid-19.

Dalam pemeriksaan, Lois mengaku pernyataan Covid-19 bukan virus dan pasien meninggal karena interaksi antarobat tidak berdasar riset terlebih dahulu. Lois mengaku semua pernyataannya hanya opini pribadi.  

“Kami berkesimpulan yang bersangkutan tidak akan mengulangi perbuatannya dan tidak akan menghilangkan barang bukti mengingat seluruh barang bukti sudah kami miliki,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Slamet Uliandi dalam keterangannya, Selasa, 13 Juli 2021. 

Baca Juga :  Cek Penerima PKH dan BPNT 2022, Bisa Daftar Online dan Diusulkan Pihak Desa

Slamet menjelaskan pelepasan Lois merupakan bagian dari program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengedepankan restoratif justice. Polisi menilai bahwa pemenjaraan bukan upaya satu-satunya, melainkan upaya terakhir dalam penegakan hukum atau ultimum remidium.

“Polri mengendepankan upaya preventif agar perbuatan seperti ini tidak diikuti oleh pihak lain. Meski sudah dibebaskan, Lois akan tetap diproses lebih lanjut oleh otoritas profesi kedokteran,” ujarnya

Dokter Lois ditangkap polisi di Apartemen Rasuna Said, Jakarta Selatan Ahad kemarin pukul 16.00 WIB akibat pernyataannya yang menyebut Covid-19 bukan virus dan pasien yang meninggal karena interaksi antarobat. 

Baca Juga :  Aturan Baru Mendagri: Nama Tak Boleh 1 Kata, Bagaimana yang Sudah Telanjur?

Tak lama setelah pernyataannya di acara Hotman Paris itu viral, polisi membuat laporan model A terhadap Lois. Sebagai barang bukti, polisi menjadikan tangkapan layar acara Hotman Paris serta unggahan dokter Lois Owien di media sosial pribadinya. Sejumlah saksi telah diperiksa, salah satunya dokter Tirta Mandira Hudhi sebagai saksi ahli dari Kementerian Kesehatan.

Editor: Pramonco

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google caranya Klik di Sini

Share :

Baca Juga

Nasional

Harga BBM Justru Turun di SPBU Vivo, Satu Perusahaan dengan Ponsel Vivo?

Nasional

Siap-siap, Jokowi Setuju Tarif Listrik 3.000 VA Bakal Naik

Nasional

MK Putuskan Masa Jabatan Kepala Desa Maksimal 3 Periode

Nasional

Jurnal Internasional Soroti Vaksin Nusantara Besutan Terawan

Nasional

Mulai Besok, Tenaga Kerja Asing Dilarang Masuk RI

Nasional

Pawang Hujan MotoGP Mandalika Viral, Terungkap Cara Kerjanya

Nasional

Cek Lagi, Ini Kriteria Barang yang Kena Pajak 11 Persen

Nasional

Daftar PPPK Guru, Pelamar terdaftar di Dapodik tapi tidak ada di Database sscasn.bkn.go.id. Ini Solusinya