Home / Kesehatan

Kamis, 21 Juli 2022 - 07:25 WIB

Enam Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

Mengucek mata. Google

Mengucek mata. Google

AMORFATIMEDIA.COM – Mata adalah salah satu indra yang penting. Indra penglihatan sendiri ditentukan oleh genetik dan cenderung tidak bisa diubah. Kemampuan penglihatan akan makin menurun seiring bertambahnya usia. Tapi, penurunan fungsi penglihatan ini bisa dicegah atau diperlambat.

Tanpa disadari, banyak orang melakukan kebiasaan sepele yang berdampak negatif terhadap mata. Mulai dari Mulai dari mengucek mata hingga merokok. Masih ada banyak kebiasaan lain yang dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang, apa saja, ya?

Berikut 6 kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata:

1. Merokok

Rokok tak hanya buruk untuk kesehatan paru-paru, tetapi dapat juga berdampak buruk pada mata Anda. Asap rokok lebih dari sekadar mengiritasi mata, dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko terkena Age-related Macular Degeneration (AMD) – penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral Anda.

Umumnya, penyakit tersebut akan menjangkiti orang-orang yang berusia diatas 55 tahun. Tetapi dalam sebuah penelitian di Australia yang diterbitkan oleh JAMA Ophthalmology, menemukan bahwa perokok memiliki risiko hampir empat kali lipat lebih tinggi terkena AMD dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

Seorang dokter mata dan asisten profesor oftalmologi di Weill Cornell Medicine di New York City, Ashley Brissette, MD. Menjelaskan bahwa, rokok dapat mengurangi kinerja antioksidan serta dapat mengurangi distribusi oksigen untuk mencapai pembuluh darah kecil di area mata.

“Merokok mengurangi efektivitas antioksidan dan dapat menghabiskan tingkat ini di makula, area kecil di tengah retina yang diperlukan untuk melihat hal-hal di depan Anda,” jelas Ashley Brissette, MD.

Baca Juga :  Muncul Ancaman Virus Hendra, Kenali Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

“Asap rokok juga mengurangi jumlah oksigen yang mencapai pembuluh darah kecil yang memasok mata, yang menyebabkan kerusakan penglihatan.” tambahnya.

2. Terlalu banyak menatap layar ponsel

Ketika Anda bermain ponsel secara berlebihan, secara tidak langsung ada harga yang Anda bayarkan untuk itu semua. Menghabiskan banyak waktu dihadapan layar komputer, ponsel atau televisi dapat berdampak buruk pada kesehatan mata Anda.

Dilansir dari AAR, seorang ahli mata yakni Andreoli menjelaskan dua risiko besar saat seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menatap layar gadget.

“Dua kekhawatiran terbesar dari kebiasaan menatap layar secara berlebihan adalah mata kering kronis dan gangguan pola tidur alami,” kata Andreoli.

Kondisi tersebut disinyalir merupakan buntut dari mata yang terlalu fokus hingga membuat mata menjadi tegang lantaran kurang berkedip.

“Kita seharusnya berkedip setiap empat detik sekali dan di depan komputer kita berkedip setiap delapan hingga 10 detik sekali. [Perbedaan] itu mungkin terdengar tidak signifikan, tetapi dengan berkediplah yang membuat mata kita tetap terlumasi. [Jika] kita tidak cukup melumasi mata kita, kita mengembangkan gejala mata kering dan itu menyebabkan ketegangan mata.” jelas Andreoli.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak boleh menatap layar ponsel sama sekali. Sebagai solusinya, beristirahatlah selama 20 detik setiap 20 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki.

Saat menjelang tidur, ada baiknya untuk mulai mengubah kebiasaan Anda untuk tidak lagi menatap ponsel sesaat sebelum tidur. Matikan ponsel Anda dan simpan laptop di jam-jam menjelang waktu tidur.

Baca Juga :  Jangan Makan Sendirian Kalau Tidak Ingin di Incar Penyakit Ini!

Sebagai pengingat, Anda dapat menjadwalkan ponsel Anda agar mati secara otomatis pada waktu yang sudah ditentukan dengan menggunakan pengaturan Night Shift di iPhone atau Notification Shade di Android.

3. Tidak memakai kacamata hitam

Kita semua tentu sudah tahu bahwa sinar radiasi ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kulit, ternyata hal demikian juga dapat merusak penglihatan Anda. Sinar UV dapat merusak jaringan permukaan mata, kornea dan lensa.

Seiring berjalannya waktu, kerusakan itu dapat menyebabkan katarak, AMD, dan kanker mata.

“Anda juga bisa mengalami [kerusakan mata lewat] sengatan matahari pada mata yang disebut fotokeratitis, yang bisa sangat menyakitkan,” kata Brissette.

Untuk membantu mencegah semua hal di atas, kenakan kacamata hitam — dan tidak hanya selama musim panas, tetapi setiap hari sepanjang tahun, bahkan pada saat cuaca tampak berawan.

Karena tidaklah mungkin untuk mengaplikasikan sunscreen pada area mata dan srea sekitarnya, kacamata bekerja untuk melindungi mata dalam beberapa cara. kacamata hitam dapat bertindak sebagai penghalang fisik, menghalangi sinar UV dari kelopak mata dan kulit di sekitar mata.

Gunakan lensa kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV. Untuk memastikan mata Anda terlindungi sepenuhnya, periksa label atau stiker yang terdapat pada kacamata Anda untuk memastikan apakah kacamata yang dikenakan memberikan perlindungan UV 100 persen?

Selanjutnya: Tidur menggunakan softlens atau lensa kontak…

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Makanan dan Minuman Ini Ternyata Bisa Obati Ginjal Tanpa Cuci Darah

Kesehatan

Konsumsi Jamur Psilocybin Buat Mengobati Depresi

Kesehatan

Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

Kesehatan

Khasiat Daun Salam, Salah Satunya Mencegah Kanker

Kesehatan

Cara Menyimpan Daging Kurban dengan Benar, Jangan Langsung Dicuci

Kesehatan

Ketahui Manfaat Rutin Makan Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Waspadai Tanda Awal Penyakit Diabetes yang Harus Diwaspadai

Kesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur