Home / Opini

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:33 WIB

Habis Manis, Puntung Rokok Dibuang Sembarangan

Pengendara mobil membuang putung rokok dari dalam mobil/Dailytelegraph

Pengendara mobil membuang putung rokok dari dalam mobil/Dailytelegraph

AMORFATIMEDIA.COM – Selama ini rokok hanya dikaitkan dengan penyakit akibat rokok yang dapat mengganggu kesehatan manusia, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Ternyata permasalahan yang muncul akibat rokok tidak hanya itu. Kelestarian lingkungan juga terancam akibat putung rokok yang sering dibuang sembarangan oleh para perokok, karena dianggap barang sepele.

Puntung rokok berisi filter rokok yang fungsinya sebagai penyaring racun, sehingga saat menjadi puntung rokok bagian tersebut tentu saja masih menyisakan racun yang terkandung di dalamnya.

Selain nikotin, masih ada timbal, cadmium dan kandungan logam berat serta bahan kimia lainnya yang terkandung di dalamnya.

Filter rokok terbuat dari plastik yang disebut selulosa asetat. Bahan ini sulit terurai di lingkungan. Butuh waktu hingga 10 tahun untuk dapat terurai, itupun jejaknya tidak dapat hilang sepenuhnya.

Baca Juga :  State of Emergency Jika Pemilu 2024 Ditunda

Jika dibuang sembarangan tentu saja dapat mencemari air dan tanah. Air dan tanah akan menyerap racun yang tersisa dalam puntung rokok tersebut, sehingga air dan tanah pun menjadi tercemar.

Bayangkan sudah berapa juta puntung rokok yang tergeletak di tanah dan terdampar di laut? Jika hal ini tidak segera diatasi, bisa dipastikan kiamat akan semakin cepat terjadi!

Puntung rokok bisa menjadi ranjau bagi organisme yang bersentuhan dengannya. Burung, ikan dan binatang laut sering salah mengira puntung rokok yang ada di laut sebagai makanan, sehingga mereka menelannya. Tentu saja hal tersebut dapat mengancam kehidupan dan kelestarian mereka.

Baca Juga :  Akuntabilitas Pengisian Penjabat Kepala Daerah

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membersihkan limbah puntung rokok tergolong mahal. Sebuah studi di San Fransisco Amerika Serikat melaporkan bahwa biaya membersihkan puntung rokok diperkirakan lebih dari 7 juta dolar per tahun.

Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah sampah puntung rokok adalah dengan Stop Merokok! Namun jika saat ini anda belum bisa melakukannya, paling tidak anda harus tetap bertanggung jawab dengan tidak membuang puntung rokok anda sembarangan.

Kebijakan pemerintah memegang peranan…

Share :

Baca Juga

Opini

Mahasiswa Manja! Efek Kuliah Online

Opini

Menanti Langkah Lanjutan Luhut Pandjaitan Bereskan Sengkarut Minyak Goreng

Opini

Misteri Segitiga Bermuda dan Teori Keberadaannya

Opini

Rapor Merah Partai Politik Era Reformasi

Opini

Dunia Dipenuhi Konflik Militer, Apa Kita Harus Menunggu Kemunculan Avatar?

Opini

Terapi Shalat untuk Penderita Stroke

Opini

Peluang Kampanye Pemilu di Kampus

Opini

Penjaga Perdamaian PBB dan Peran Pasukan Indonesia di Dalamnya