Home / Kesehatan

Rabu, 11 Mei 2022 - 14:12 WIB

Hati-hati Bakteri! Hindari Semangka Disimpan di Dalam Kulkas

Ilustrasi. homestratosphere.com

Ilustrasi. homestratosphere.com

AMORFATIMEDIA.COM – Semangka adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi selagi cuaca panas karena rasanya yang sangat menyegarkan dan mengandung banyak air.

Untuk meningkatkan kesegarannya, biasanya semangka yang sudah dipotong akan disimpan di kulkas agar semakin dingin. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada kekurangan dari menyimpan semangka di kulkas?

Ternyata tidak semua buah-buahan bisa diismpan di dalam kulkas dan diakui dapat membuatnya menjadi lebih segar. Sebuah studi yang dilakukan oleh USDA dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa semangka yang disimpan pada suhu kamar memberikan lebih banyak nutrisi daripada yang didinginkan atau baru dipetik.

Baca Juga :  Daftar Tunggu Haji Nyaris 100 Tahun, Ini Penjelasan Kemenag

Melalui pengamatan yang dilakukan para peneliti selama 14 hari, ternyata semangka yang disimpan di dalam kulkas justru akan membuat kandungan nutrisinya berkurang. Hal ini lantaran proses pendinginan dalam kulkas menghambat pertambahan nutrisi yang terjadi secara alami pada buah semangka.

Selain itu, buah semangka yang sudah dipotong, bila disimpan di kulkas bersama makanan mentah berisiko terpapar bakteri jahat. Risiko tersebut akan semakin tinggi bila semangka yang sudah dipotong dibiarkan di wadah terbuka. Hal ini akan membuatnya mudah terpapar bakteri.

Untuk menyiasatinya, berikut cara-cara menyimpan semangka di kulkas:

Baca Juga :  Tiga Cara Ampuh Tidur Cepat dalam 30 Detik

1. Bila ingin menyimpan semangka di kulkas, pastikan dalam keadaan belum dipotong. Kalau sudah dipotong, simpanlah dalam wadah tertutup yang bersih dan khusus untuk menyimpan makanan.
2. Hindari penggunaan plastik biasa yang dapat menjadi tempat pembiakkan bakteri.
3. Jangan mencampur penyimpanan makanan mentah dengan makanan matang. Bila memungkinkan, pisahkan kulkas makanan mentah dan makanan matang.
4. Jaga suhu kulkas agar tetap berada pada suhu optimal (tidak terlalu dingin atau terlalu panas). Suhu yang terlalu dingin dapat merusak atau membekukan makanan segar. Sementara, suhu yang terlalu panas bisa merusak dan mengurangi daya simpan makanan.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Jangan Makan Sendirian Kalau Tidak Ingin di Incar Penyakit Ini!

Kesehatan

Muncul Ancaman Virus Hendra, Kenali Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

Kesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur

Kesehatan

Tiga Cara Ampuh Tidur Cepat dalam 30 Detik

Kesehatan

Virus Zika Bermutasi, Ahli Peringatkan Potensi Lebih Berbahaya

Kesehatan

7 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan, Mempercepat Penyembuhan Luka

Kesehatan

Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

Kesehatan

Viral! Keseringan Begadang Wanita 21 Tahun Kena Stroke hingga Koma