Home / Islam Digest

Selasa, 19 April 2022 - 13:27 WIB

Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim

Ilustrasi anak-anak/Int

Ilustrasi anak-anak/Int

AMORFATIMEDIA.COM – Anak yatim dalam pandangan agama Islam memiliki keistimewaan tersendiri. Begitu mulianya mereka hingga umat Muslim dianjurkan untuk bisa berperan aktif menyantuni kehidupan para yatim.

Pahala berlipat ganda tentu saja menjadi ganjaran yang setimpal bagi mereka yang menyanjung, memelihara, dan menyayangi yatim layaknya anak sendiri.

Sayangnya, tak jarang anak yatim justru ditelantarkan dan diperlakukan sewenang–wenang.

Padahal, mereka juga membutuhkan curahan kasih sayang. Dia meminta umat Islam untuk memperlakukan anak yatim sebagaimana anak sendiri, tidak dibedakan. Jangan sampai anak yatim ini merasa disakiti.

Baca Juga :  Enam Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

Dalam Alquran surah al- Ma’un ayat 1-3, Allah bersabda, “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.”

Menjadi sebuah dosa besar bagi umat Islam yang memakan harta anak yatim, sementara anak yatim ini adalah sosok yang lemah.

Ia pun menyebut Nabi SAW merupakan contoh nyata dari kehidupan seorang anak yatim. Di usia belia, Nabi telah kehilangan ayah tercintanya dan hidup berpindah-pindah dari satu saudara ke saudara yang lain.

Baca Juga :  Mudik Dibolehkan, Presiden Imbau Masyarakat Vaksin

Nabi merasakan bagaimana perasaan getir dan terombangambing selama hidup. Karena pengalamannya, Nabi menjadi contoh bagi umat Islam.

Dalam HR Thabrani, Ra su lullah SAW pernah bersabda, “Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan engkau mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai.”

 

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Manusia Berbuat Dosa, Benarkah Salah Setan?

Islam Digest

Hukum Trading dalam Islam Menurut MUI

Islam Digest

10 Kiat Agar Tidak Diganggu Setan

Islam Digest

Kisah Azan Terakhir Bilal Bin Rabah yang Menggetarkan Madinah

Islam Digest

Puasa Syawal Menggenapi Puasa Ramadan dan Pahala Puasa 1 Tahun

Islam Digest

Manfaat Sholat Tahajud Disertai Tata Caranya

Islam Digest

Menyogok Demi Kerja, Apakah Gaji yang Diterima Halal?

Islam Digest

Pentingnya Menjaga Lisan Menurut Al-Qur’an dan Hadits