Home / Islam Digest

Sabtu, 12 Maret 2022 - 09:35 WIB

Hukum Trading dalam Islam Menurut MUI

Ilustrasi Hukum Trading dalam Islam Menurut MUI

Ilustrasi Hukum Trading dalam Islam Menurut MUI

AMORFATIMEDIA.COM – Setelah kasak-kusuk Indra Kenz dan Doni Salmanan, trading kini menggema di media sosial. Keduanya terjerat kasus menjual belikan produk binary option.

Indra Kenz terjerat Binomo dan Doni Salmanan tersandung Quotex yang keduanya adalah ilegal. Di tengah isu ini, sebenarnya apakah trading halal dalam agama islam?

Jual beli mata uang dalam Islam dikenal dengan nama Al-Sharf. Karena transaksi dan perdagangan nilai mata uang yang berbeda-beda, maka hukumnya juga berbeda.

Tetapi, prinsip dasarnya jual beli dalam Islam mengutamakan kemaslahatan umat manusia.

Maka sebenarnya hukum dari jual-beli adalah halal, tetapi akan berubah menjadi haram bila mengandung unsur riba. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah, ayat 275,

Baca Juga :  4 Perbuatan Sepele yang Membatalkan Shalat

… وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ…

“Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Sedangkan dalam sebuah hadis Rasulullah nyata menyatakan bahwa jual beli harus bersifat tunai.

Dalam hadis riwayat Muslim, Abu Daud, Tirmizi, Nasa’i, dan Ibn Majah, dengan teks Muslim dari ‘Ubadah bin Shamit, Nabi s.a.w. bersabda,

الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلاً بِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًا بِيَدٍ فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ

“(Juallah) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, sya’ir dengan sya’ir, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam (dengan syarat harus) sama dan sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika secara tunai.”

Dalam fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Nomor: 28/DSN-MUI/III/2002 tentang Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf), jual beli mata uang atau trading halal pada dasarnya boleh asal mengikuti beberapa ketentuan hukum Islam (syara’).

Baca Juga :  Penyakit Dunia Islam yang Paling Berbahaya

Beberapa ketentuan itu seperti Jual beli mata uang tidak untuk berspekulasi atau mencari keuntungan atau bersifat untung-untungan, ada kebutuhan transaksi atau sebagai simpanan yang sifatnya untuk berjaga-jaga, untuk jual beli dengan mata uang yang sama atau sejenis, maka nilanya harus sama dan transaksinya harus tunai dan apabila menggunakan mata uang berlainan jenis, maka nilai tukarnya (kurs) adalah yang berlaku pada saat transaksi dan harus secara tunai.

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Arti Zuhud dan Alasan Ali bin Abi Thalib Mentalak 3 Dunia

Islam Digest

Tips Mengkhatamkan Alquran hingga 3 kali di Bulan Ramadhan

Islam Digest

Alquran Menjawab Mengapa Orang Zalim Selalu Berjaya

Islam Digest

Zikir Harian Dibaca pada Waktu Pagi Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Islam Digest

Kalau Ada Masalah Jangan Curhat ke Manusia, Curhatlah kepada Allah

Islam Digest

Puasa Syawal Menggenapi Puasa Ramadan dan Pahala Puasa 1 Tahun

Islam Digest

Pentingnya Menjaga Lisan Menurut Al-Qur’an dan Hadits

Islam Digest

Membunuh Begal untuk Selamatkan Diri Menurut Hukum Islam