Home / Islam Digest

Jumat, 22 Juli 2022 - 09:11 WIB

Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat

Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat. Google

Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat. Google

AMORFATIMEDIA.COM – Dalam Alquran, Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW agar membiarkan kaum musyrik menyembah patung-patung setelah diberi peringatan berkali-kali.

Allah SWT menegaskan bahwa mereka adalah orang-orang yang merugi pada hari Kiamat, termasuk keluarganya. Allah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 15:

فَاعْبُدُوْا مَا شِئْتُمْ مِّنْ دُوْنِهٖۗ قُلْ اِنَّ الْخٰسِرِيْنَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ وَاَهْلِيْهِمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ  اَلَا ذٰلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِيْنُ

“Maka sembahlah selain Dia sesukamu! (wahai orang-orang musyrik). Katakanlah, ‘Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari Kiamat’. Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata”. (QS Az-Zumar [39]:15)

Berdasarkan metode tafsir tahlili yang dirilis aplikasi Qur’an Kemenag, pada ayat ini Allah memerintahkan Rasul-Nya agar membiarkan kaum musyrik Makkah menyembah patung-patung itu sesuai kehendak mereka.

Baca Juga :  Benarkah Wabah Hepatitis Akut Disebut Efek Vaksin Covid-19?

Mereka telah diberi peringatan berulang-ulang dan diberi bimbingan berkali-kali. Akan tetapi, mereka masih tetap juga pada pendirian mereka mengikuti jejak nenek moyang mereka yang hanya berdasarkan dugaan-dugaan yang jauh dari kebenaran.

Sebagai penegasan yang terakhir, Rasulullah diperintahkan untuk menyatakan kepada mereka bahwa orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri.

Berarti apabila mereka nanti diberi pembalasan dengan azab yang dahsyat, tiada lain penderitaan itu karena perbuatan mereka sendiri. Kerugian dan penderitaan itu tidak hanya menimpa mereka, tetapi juga menimpa keluarga mereka yang sependirian dengan mereka.

Baca Juga :  6 Cara Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok

Pada pengujung ayat ini, Allah SWT menandaskan bahwa kerugian dan penderitaan serupa itu adalah kerugian dan penderitaan yang nyata, karena tidak ada kerugian dan penderitaan yang lebih dahsyat daripada kerugian yang mereka derita di hari kiamat. Dalam ayat berikutnya, Allah berfirman:

لَهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِّنَ النَّارِ وَمِنْ تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ  ۗذٰلِكَ يُخَوِّفُ اللّٰهُ بِهٖ عِبَادَهٗ ۗيٰعِبَادِ فَاتَّقُوْنِ

“Di atas mereka ada lapisan-lapisan dari api dan di bawahnya juga ada lapisan-lapisan yang disediakan bagi mereka. Demikianlah Allah mengancam hamba-hamba-Nya (dengan azab itu). Wahai hamba-hamba-Ku, maka bertakwalah kepada-Ku.” (QS Az-Zumar [39]:16).

Pada ayat ini, kemudian Allah…

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Alasan Rasulullah SAW Menolak Sholati Jenazah yang Tersangkut Utang

Islam Digest

Benarkah Mayit Disiksa Karena Tangisan Keluarganya?

Islam Digest

Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja

Islam Digest

Benarkah Siksa Kubur Dihentikan di Bulan Ramadhan?

Islam Digest

Hukum Trading dalam Islam Menurut MUI

Islam Digest

Dilanda Cemburu, Baca Doa Ini untuk Meringankannya

Islam Digest

Arti Mimpi Gigi Copot dalam Pandangan Islam

Islam Digest

Syarat Utama Agar Sedekah Kita Diterima Allah SWT