Home / Nasional

Senin, 9 Mei 2022 - 20:40 WIB

Jaksa Agung Minta Jajaran Usut Tuntas Keberadaan Mafia Pupuk

Jaksa Agung ST Burhanuddin/Ist

Jaksa Agung ST Burhanuddin/Ist

AMORFATIMEDIA.COMJaksa Agung ST Burhanuddin memerintahkan kepada seluruh jajaran dalam pidana khusus untuk mengusut tuntas keberadaan mafia pupuk. Sebab, mafia pupuk telah meresahkan masyarakat dan merugikan negara.

Burhanuddin mengatakan, Korps Adhyaksa harus tuntas dalam mengusut kasus dugaan mafia pupuk. Jajarannya juga diminta memahami modus operandi yang diterapkan, sehingga kasus lain dengan pola yang sama dapat diselesaikan dengan sigap.

“Perlu Saudara ketahui mafia pupuk ini sudah lama meresahkan petani dan merugikan negara, oleh karenanya saya tegaskan kembali para kajati dan kajari untuk benar-benar serius memberantas mafia pupuk,” kata Burhanuddin melalui keterangan pers tertulis yang disampaikan Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana, Senin, 9 Mei 2022.

Baca Juga :  Tenaga Honorer di Instansi Pemerintah Dihapus Mulai Tahun 2023

Burhanuddin lalu berbicara mengenai pengusutan mafia pupuk yang ditangani Kejaksaan Negeri Pekalongan. Burhanuddin meminta jajarannya yang lain mempelajari dan meniru penanganan kasus yang dilakukan Kejari Pekalongan.

“Jika perlu, Saudara sekalian mempelajari atau meniru penanganan kasus mafia pupuk Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan dalam memahami pola dan modus operandinya,” katanya.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengapresiasi Jampidsus Kejagung dan Kejati DKI yang saat ini tengah menangani perkara yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Diketahui, Kejati DKI tengah mengusut dugaan mafia tanah terhadap aset milik PT Pertamina dan Jampidsus Kejagung tengah menangani kasus dugaan korupsi minyak goreng.

“Itu sebabnya mengapa pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi kepada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan beserta jajarannya yang telah peka dan cepat dalam merespons isu hajat hidup orang banyak tersebut, tentunya saya berharap prestasi tersebut dapat dicontoh oleh satuan kerja yang lain,” ujarnya.

Baca Juga :  Sejarah dan Latar Belakang Hari Kebangkitan Nasional

Beberapa waktu lalu, Burhanuddin memerintahkan jajarannya melakukan pengawasan terhadap proses distribusi pupuk bersubsidi diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan. Dia mewajibkan seluruh jajarannya melakukan operasi intelijen guna menelusuri distribusi pupuk bersubsidi.

Apabila ditemukan adanya upaya praktik-praktik kecurang pupuk bersubsidi, dia memerintahkan jajaranya untuk tidak ragu menindak tegas.

Share :

Baca Juga

Nasional

Mengintip Gaji CPNS, Alasan Ratusan Calon Mundur

Nasional

Waspada Gejala Hepatitis Akut Pada Anak Sebabkan Penderita Meninggal Dunia

Nasional

Politikus PDIP yakin Febri dan Rasamala profesional bela Ferdy Sambo dan istri

Nasional

Anggota DPR RI Ajak Pejabat Potong 50% Gaji Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Nasional

Kominfo targetkan 30.000 UMKM dapat pendampingan teknologi 4.0

Nasional

Mulai Bulan Depan Beli Minyak Goreng Wajib Pakai PeduliLindungi atau NIK

Nasional

Haris Azhar dan Fatia Jadi Tersangka, Akuntabilitas Polisi Perlu Diuji

Nasional

Soal Ganja untuk Medis, Wamenkumham Sebut Ada Mekanisme Revisi UU Narkotika