Home / Nasional

Selasa, 27 Juli 2021 - 19:07 WIB

Jokowi : ASN Bukan Minta Dilayani, Seperti Pejabat Zaman Kolonial

Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto : BPMI Setpres

Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto : BPMI Setpres

AMORFATIMEDIA.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mengingatkan bahwa ASN harus memiliki orientasi melayani masyarakat, bukan sebaliknya justru minta dilayani.

“ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi. Setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani, untuk membantu masyarakat,” kata Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 27 Juli 2021.

Menurut Jokowi, ASN telah dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan negara untuk dapat melaksanakan pelayanan prima kepada masyarakat.

Baca Juga :  Satpam Cleaning-service Tak Masuk Pendataan Non-ASN

“Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya peningkatan kemampuan kolaborasi baik lintas sektor maupun lintas disiplin.

“Sebab banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, oleh satu kementerian atau lembaga, maupun oleh satu keahlian dan satu disiplin ilmu,” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Pemkab Lingga Terima Penghargaan dari KPK

Karena itu, Jokowi menegaskan bahwa setiap aparatur sipil negara di manapun bertugas, seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama serta mempunyai semboyan yang sama.

“ASN yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa dokter, perawat, analisis kebijakan sebagai administratur, juga petugas Satpol PP, seharusnya mempunyai nilai dasar yang sama, bahkan pegawai BUMN dan pegawai pegawai yang lain juga sebaiknya mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama,” kata Jokowi

Editor : Pramonco

Share :

Baca Juga

Nasional

Google hingga WhatsApp Belum Daftar PSE ke Kominfo, Terancam Diblokir?

Nasional

Persiapkan Diri, Pemerintah Akan Buka 1 Juta Formasi CPNS dan PPPK 2022

Nasional

Mulai Bulan Depan Beli Minyak Goreng Wajib Pakai PeduliLindungi atau NIK

Nasional

Satpam Cleaning-service Tak Masuk Pendataan Non-ASN

Nasional

Ketua PDSI Ungkap Alasan Dokter Terawan gabung PDSI

Nasional

Alasan Pemerintah Jadikan Booster Sebagai Syarat Mudik Lebaran

Nasional

Kasus ACT, Ini Fakta-fakta Dugaan Penyelewengan Dana Masyarakat

Nasional

UU TPKS Disahkan, Pemaksa Perkawinan Anak Dihukum 9 Tahun Penjara