Home / Amorfatibola

Sabtu, 24 September 2022 - 17:36 WIB

Juru Gedor Ramadhan Sananta Harapan Baru Shin Tae-Yong Di Timnas Indonesia

Pemain PSM Makassar, M Ramadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pemain Dewa United, Rangga Muslim Perkasa di BRI Liga 1 2022/2023. Bola.com

Pemain PSM Makassar, M Ramadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pemain Dewa United, Rangga Muslim Perkasa di BRI Liga 1 2022/2023. Bola.com

AMORFATIMEDIA.COM – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengisyaratkan belum puas dengan ketajaman lini depan timnas Indonesia. Tim nasional Indonesia selama ini kesulitan menemukan penyerang lokal yang produktif dan karena itu, pelatih Shin Tae-yong belum menemukan sosok yang ideal.

Beberapa striker silih berganti mendapat panggilan memperkuat skuad Garuda sejak ditangani juru taktik asal Korea Selatan itu pada 2020 lalu namun tak satu pun nama memenuhi kriterianya.

Ramadhan Sananta adalah nama baru yang dijajal oleh Shin Tae-yong. Penyerang PSM Makassar berusia 19 tahun itu kemungkinan besar akan melakoni debut internasionalnya dalam laga uji coba kontra Curacao, Sabtu (24/9).

Apa kata Shin Tae-yong tentang potensi Sananta sebagai striker?

“Untuk Sananta, ia pemain muda. Saya lihat ia dalam latihan dan main dengan baik,” ungkap mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

“Saya pilih dengan pikir mungkin saja dia bisa selesaikan masalah striker yang sebelumnya ada. Itu alasannya kenapa saya pilih Sananta.”

Jika dibandingkan dengan penyerang lainnya yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Curacao, Ramadhan Sananta memang termasuk yang paling muda. Tiga juru gedor lainnya sudah termasuk pemain senior, yakni Dimas Drajad (25 tahun), Dendy Sulistyawan (25 tahun), dan Muhammad Rafli (23 tahun).

Baca Juga :  BI dan Pemerintah Luncurkan Rupiah Terbaru, Ada Gambar 'Misterius'

Namun, catatan tiga gol Ramadhan Sananta sejauh ini di Liga 1 2022-2023 bisa dibilang tak kalah dengan tiga pemain tersebut. Ia hanya kalah dari Dimas yang sudah membukukan empat gol tetapi unggul atas Dendy dengan koleksi dua gol dan Rafli yang belum pecah telur.

Sebab itulah, Ramadhan Sananta dianggap sebagai salah satu bintang baru PSM Makassar di Liga 1 2022-2023. Meski usianya baru menginjak 19 tahun, ia sukses melesakkan total tiga gol untuk tim berjuluk Juku Eja pada enam penampilannya di Liga 1 2022-2023.

Catatan itu cukup spesial bagi pemain jebolan PPLP Kepulauan Riau tersebut. Pasalnya, dia sebelumnya tak dapat banyak kesempatan bersama Persikabo 1973 di Liga 1 2021 2022. Musim lalu, Ramadhan Sananta hanya mendapat empat kali kesempatan tampil. Catatan itu membaik setelah  ia mendapat kepercayaan lebih dari pelatih PSM Makassar saat ini, Bernardo Tavares.

Pemain PSM Makassar Muhammad Ramadhan Sananta. Doc. Instagram @m.ramadhansn.
Profil  Muhammad Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta lahir di Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, tanggal 27 November 2002. Ia memiliki tinggi badan 182 centimeter dan berposisi sebagai penyerang.

Baca Juga :  Elkan Baggott Debut Starter Catatkan Sejarah di Inggris

Perjalanan karier Sananta bermula dari kasta terendah sepak bola Indonesia di Liga 3. Dia bergabung dengan PS Harjuna Putra untuk musim 2021-2022 sebelum pindah ke Persikabo 1973 pada Januari 2022.

Saat ini, ia meniti karir di klub PSM Makassar dan bermain di kompetisi BRI Liga 1 tahun 2022-2023. Di bawah Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, pemain bernomor punggung 9 itu langsung menampilkan performa impresif dengan membukukan tiga gol dari tujuh kali penampilannya di Liga 1.

Ia resmi bergabung di Timnas Indonesia berdasarkan surat pemanggilan resmi PSSI Nomor 3784/AGB/543/IX-2022 tertanggal 13 September 2022. Tidak hanya Sananta, rekan satu klubnya, Yakob Sayuri juga mendapat panggilan yang sama dari PSSI.

Kedua punggawa PSM Makassar itu dipanggil PSSI untuk mengikuti rangkaian kegiatan timnas Indonesia yang akan melakukan pertandingan FIFA ‘A’ Match menghadapi Curacao pada tanggal 24 September dan 27 September 2022 di Bandung dan Bogor.

Editor: Pramonco

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Amorfatibola

Jose Mourinho Bikin Rekor Sejarah Mengerikan di Eropa

Amorfatibola

127 Tewas Usai Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Kenapa Polisi Pakai Gas Air Mata?

Amorfatibola

Elkan Baggott Debut Starter Catatkan Sejarah di Inggris

Amorfatibola

Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Samai Rekor Legenda MU Sir Alex Ferguson
Update Bursa Transfer Liga Inggris 2022/2023

Amorfatibola

Update Bursa Transfer Liga Inggris 2022/2023

Amorfatibola

Timnas U-23 Indonesia Kalah dengan Vietnam, Shin Tae-yong Angkat Bicara

Amorfatibola

Ukuran Gawang Dalam Permainan Sepak Bola Standar Internasional

Amorfatibola

Barcelona Mengejutkan Real Madrid 4-0, Mengakhiri Kekalahan Beruntun