Home / Nasional

Sabtu, 26 Maret 2022 - 10:11 WIB

Kapan Puasa Ramadhan 2022? Simak Penjelasan Kemenag

Ilustrasi pemantauan hilal (credited Photostock)

Ilustrasi pemantauan hilal (credited Photostock)

AMORFATIMEDIA.COM – Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal di 101 lokasi di seluruh provinsi Indonesia sebelum melaksanakan sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Adib, mengatakan berdasarkan hasil hisab semua sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan 2022 jatuh pada 1 April 2022 atau 29 Syaban 1443 Hijriah sekira pukul 13.24 WIB.

Dari hasil perhitungan secara astronomis atau hisab serta hasil pemantauan hilal akan dijadikan sebagai masukan dalam sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2022.

“Pada hari rukyat, 29 Syaban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit,” kata dia, dikutip amorfatimedia.com dalam siaran pers kementerian, Sabtu, 26 Maret 2022 dari Antara.

Baca Juga :  Waspada Gejala Hepatitis Akut Pada Anak Sebabkan Penderita Meninggal Dunia

Hilal berarti bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam. Hilal biasanya dijadikan sebagai acuan untuk menentukan permulaan bulan dalam kalender Hijriah.

Sidang isbat penentuan awal Ramadhan akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, setelah pemaparan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama.

Baca Juga :  MotoGP Mandalika 2022, Jokowi Berpaling ke Fabio Quartararo Usai Marc Marquez Absen

Adib menjelaskan pemantauan hilal atau rukyatul hilal akan dilaksanakan juga oleh beberapa lembaga antara lain Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bekerja sama dengan instansi terkait lain dan organisasi masyarakat Islam di daerah.

Kepala Sub-direktorat Hisab Rukyat dan Syariah Kementerian Agama Ismail Fahmi, sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2022 akan dihadiri oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Mahkamah Agung, perwakilan Komisi VIII DPR, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat.

Share :

Baca Juga

Nasional

Satpam Cleaning-service Tak Masuk Pendataan Non-ASN

Nasional

Presiden RI Batalkan Vaksin COVID-19 Berbayar

Nasional

Kasus Korupsi Lain Menanti Tersangka Mafia Minyak Goreng Dirjen Daglu Indrasari Wisnu

Nasional

Sah! MK Putuskan Anwar Usman Mundur dari Kursi Ketua

Nasional

Anggota TNI AD Tembak Adik Ipar Hingga Tewas saat Dangdutan

Nasional

Dokter Lois Owein dilepas Polisi setelah di periksa sejak Sabtu pekan lalu

Nasional

Tak Bayar Upah Lembur saat Libur Nasional, Pengusaha Bisa Dipidana

Nasional

Polri Tangkap 30 Pelaku Kecurangan Seleksi CASN 2021