Home / Nusantara

Rabu, 2 Februari 2022 - 11:56 WIB

Kejaksaan Tangkap Buron Kasus Korupsi Alat Transfortasi Laut di Lingga, Kepri

Henerty (31) tersangka kasus korupsi pengadaan alat transportasi laut untuk pelajar di Kabupaten Lingga/amorfatimedia.com

Henerty (31) tersangka kasus korupsi pengadaan alat transportasi laut untuk pelajar di Kabupaten Lingga/amorfatimedia.com

AMORFATIMEDIA.COM – Kejaksaan Negeri Bintan menangkap seorang buron kasus korupsi bernama Henerty (31) di kediamannya kawasan Jalan Lembah Purnama, Lorong Tanama, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Selasa malam (1/2) saat merayakan Imlek. 

Kepala Seksi (Kasi) Intelejen Kejari Bintan, Mustafa mengatakan Henerty buron sejak tahun 2020 merupakan tersangka kasus korupsi pengadaan alat transportasi laut untuk pelajar di Kabupaten Lingga.

“Tersangka diamankan oleh tim gabungan dari Kejari Bintan dan juga perwakilan dari Kejari Lingga. Diamankannya di kediaman tersangka di Kota Tanjungpinang,” kata Mustafa, Rabu, 2 Februari 2022.

Baca Juga :  5 Nelayan Asal Anambas Kepri yang Terdampar di Malaysia, Dipulangkan ke Tanah Air

Penangkapan tersangka Henerty berdasarkan Surat Printah Penangkapan Kepala Kejaksaan Negeri Lingga Nomor: Print-258/N.10.15/Fd.1/08/2018 tanggal 06 Agustus 2018, dan berdasarkan pada Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Lingga Nomor Print-110/N.10.14/Fd.1/03/2018 tanggal 28 Maret 2018 tentang dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Alat Transportasi Laut bagi siswa/siswi pada Disdik Kabupaten Lingga Tahun Anggaran (TA) 2017.

Mustafa mengungkapkan, Henerty ditetapkan sebagai tersangka karena telah terbukti merugikan negara ratusan juta rupiah.

Modusnya sebagai pemenang tender melalui perusahan yang dimilikinya yaitu CV Mekar Cahaya memainkan harga dalam pengadaan 6 pompong melalui APBD Lingga 2017.

Baca Juga :  Tongkang Nyaris Tenggelam di Kepri, Belasan Kontainer Jatuh ke Laut

Tersangka kabur dan ditetapkan sebagai buronan pada 24 Juli 2020 lalu. Dari hasil koordinasi dan dilakukannya penyelidikan didapati tersangka berada di Kota Tanjungpinang untuk merayakan Imlek bersama keluarganya pada 1 Februari 2022 malam.

“Setelah dibekuk, tersangka dititipkan di sel tahanan perempuan di Kejari Bintan. Selanjutnya dilakukan serah terima dan langsung di bawa ke Kejari Lingga,” ucap Mustafa.

Penulis : Andika Saputra
Editor : Pursyahdad

Share :

Baca Juga

Nusantara

Asal Mula Kepulauan Riau

Nusantara

JMSI Nobatkan Ansar Ahmad Sebagai Tokoh Inspirasi Kemerdekaan Pers

Nusantara

Kapolda Kepri Pastikan Stok Minyak Goreng di Kepri Aman

Nusantara

Arkeolog Teliti Perahu Bercadik Khas Nusantara di Lingga

Nusantara

Ketua IMI : Sirkuit F1 Bintan Mulai Dibangun 17 Maret 2022

Nusantara

Kasus Aktif Covid-19 di Lingga Kepri Tersisa 8 Orang
Ilustrasi Covid-19

Nusantara

Isi Edaran Bupati Lingga Soal Aturan Perjalanan Selama PPKM Level 3

Nusantara

Produksi Air Mineral Gunung Daik dihentikan, Direktur BUMD Lingga: Tidak Ada Untung