Home / Pemilu

Jumat, 8 April 2022 - 09:27 WIB

Kemendagri Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal yang Sudah Ditetapkan

Ilustrasi Pemilihan Umum (Pemilu)/Int

Ilustrasi Pemilihan Umum (Pemilu)/Int

AMORFATIMEDIA.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 tetap berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan pemerintah dan DPR pada 24 Januari 2022.

Hal itu disampaikan merespons wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Kemendagri meminta pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada fokus mempersiapkan diri. Imaran mengatakan, pemerintah daerah maupun KPU dan Bawaslu di tingkat pusat hingga daerah mempersiapkan gelaran Pemilu 2024.

“Termasuk juga ini partai politik mulai dari DPP sampai DPC. Jadi kita sudah harus mulai dari sekarang mempersiapkan diri,” kata Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Imran dalam keterangannya, Jumat, 8 April 2022.

Baca Juga :  76 Parpol Ini Bisa Daftar Pemilu: Ada Partai Mahasiswa Indonesia

Menurutnya, pemilu dan pilkada serentak yang digelar pada 2024, diharapkan dapat mempercepat pembangunan. Dua gelaran itu juga diharapkan dapat mendorong konsolidasi politik di pusat dan daerah.

Imran berharap tak ada kendala saat tahapan pemilu dan pilkada serentak dimulai. Untuk memastikan hal itu, Kemendagri menggelar sosialisasi peraturan KPU tentang pendaftaran partai politik peserta pemilu.

“Dengan sosialisasi ini, kita berharap pemahaman para peserta pemilu itu dapat lebih clear dan proses nantinya yang dimulai 14 Juni yang akan datang tidak mengalami kendala yang berarti,” ungkpanya.

Baca Juga :  Pemerintah fokus persiapan Pemilu 2024, Hidayat Nur Wahid: Kita tidak hidup di Orba

Wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan periode jabatan presiden ramai dibahas belakangan ini, terlebih setelah sejumlah menteri di kabinet pemerintah Jokowi ikut mendorong isu tersebut.

Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Namun, dalam sidang kabinet paripurna, Rabu, 6 April 2022, Jokowi melarang para menterinya untuk tidak berbicara tentang isu penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Jokowi mengingatkan para menterinya untuk tidak menimbulkan polemik, namun harus fokus bekerja.

(Pram)

Share :

Baca Juga

Pemilu

Sri Mulyani Gelontorkan Anggaran Rp 19,5 Triliun buat Persiapan Pemilu

Pemilu

MPR Wacanakan Kepala Daerah Dipilih oleh DPR dan DPRD

Pemilu

Jelang Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Lingga Ingatkan KPU Patuhi Aturan

Pemilu

Pegiat Pemilu menilai Timsel KPU dan Bawaslu Bertentangan Dengan UU Pemilu

Pemilu

Pemerintah fokus persiapan Pemilu 2024, Hidayat Nur Wahid: Kita tidak hidup di Orba

Pemilu

Masa Kampanye Pemilu 75 Hari, Fahri Hamzah: Harusnya Setahun

Pemilu

Reshuffle Kabinet, Ini Daftar Nama Menteri Baru dan yang Dicopot Jokowi

Pemilu

Dimulai 14 Juni, Ini Tahapan Lengkap Pemilu 2024