Home / Nasional

Sabtu, 23 April 2022 - 17:05 WIB

Kementerian Kesehatan Tambah 3 Jenis Vaksin untuk Imunisasi Rutin Anak

Ilustrasi Anak diimunisasi. Foto: Safebee

Ilustrasi Anak diimunisasi. Foto: Safebee

AMORFATIMEDIA.COM – Kementerian Kesehatan menambah tiga jenis vaksin ke dalam program imunisasi rutin lengkap, yaitu PCV, Rotavirus dan HPV.

Kementerian menambah vaksin baru ini karena melihat intervensi kesehatan jadi lebih murah dan efektif bila dilakukan di tahap imunisasi.

Menkes Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan kematian ibu tertinggi disebabkan karena kanker payudara dan kanker serviks atau kanker leher rahim.

“Kita cek ada vaksinnya untuk ibu itu vaksin kanker serviks, (vaksin) yang untuk kanker payudara belum ada,” ujar Menkes Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 23 April 2022.

Baca Juga :  Rocky Gerung Ingatkan Doktrin Femme Fatale dalam Penanganan Kasus Brigadir J

Adapun vaksin HPV (human papillomavirus) berfungsi ampuh mencegah kanker serviks. Sehingga vaksin ini diberikan pada anak perempuan usia kelas 5 dan 6 SD atau kisaran usia 10 hingga 13 tahun.

Sedangkan kematian anak tertinggi disebabkan karena infeksi, dan infeksi yang paling sering ditemukan adalah diare dan pneumonia atau peradangan infeksi paru.

Sehingga, dibuatkan penambahan tiga jenis vaksin ini. PCV digunakan untuk mencegah pneumonia pada anak. Vaksin ini mencegah penyakit radang paru, radang selaput otak, radang telinga yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus.

Baca Juga :  Harta Sandiaga Uno Naik Rp 6,8 Triliun dalam Setahun, Geser Posisi Dato Tahir

Lalu Rotavirus untuk mencegah diare pada anak. Vaksin Rotavirus untuk mencegah diare berat dan komplikasinya yang disebabkan oleh virus Rota. Sementara vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks pada wanita.

Dari ketiga jenis tersebut, vaksinasi HPV sebenarnya sudah dilakukan di sejumlah kabupaten kota seperti di Yogyakarta. Kegiatan vaksinasi HPV sudah dilakukan cukup lama di sana, dan kali ini ingin dilakukan secara nasional.

Share :

Baca Juga

Nasional

Elon Musk Beli Twitter Rp 629 T, Harga Kripto Dogecoin Menguat

Nasional

Rocky Gerung Ingatkan Doktrin Femme Fatale dalam Penanganan Kasus Brigadir J

Nasional

Harta Sandiaga Uno Naik Rp 6,8 Triliun dalam Setahun, Geser Posisi Dato Tahir

Nasional

MK Putuskan Masa Jabatan Kepala Desa Maksimal 3 Periode

Nasional

LPSK Turunkan Tim Khusus Tangani Tragedi Kanjuruhan

Nasional

Pawang Hujan MotoGP Mandalika Viral, Terungkap Cara Kerjanya

Nasional

Cek Penerima PKH dan BPNT 2022, Bisa Daftar Online dan Diusulkan Pihak Desa

Nasional

MA Kurangi Vonis Edhy Prabowo Jadi 5 Tahun Penjara