Home / Kesehatan

Jumat, 13 Mei 2022 - 16:21 WIB

Ketahui Manfaat Rutin Makan Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

AMORFATIMEDIA.COM – Cokelat sering dianggap sebagai makanan manis yang banyak dihindari. Ternyata di balik rasa manisnya, konsumsi cokelat punya banyak manfaat yang telah terbukti secara ilmiah.

Banyak orang di dunia yang merasa bahwa mereka perlu menghindari cokelat untuk kesehatan. Kenyataannya, cokelat yang masih murni tanpa tambahan gula justru memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh.

Courtney D’Angelo selaku ahli kesehatan dan penulis di Go Wellness, mengatakan bahwa jika rutin mengonsumsi cokelat setiap hari ada manfaat ajaib yang bisa dapatkan oleh tubuh. Hal ini lantaran buah kakao yang menjadi bahan utama pembuatan cokelat memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang sangat baik.

Tetapi perlu diingat manfaat cokelat ini hanya bisa didapatkan dari cokelat dengan kadar bahan tambahan yang rendah. Bukan cokelat yang tinggi akan gula dan krimnya tetapi cokelat yang masih lebih banyak konsentrasi kakaonya.Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga :  Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur
1. Meningkatkan Fungsi Otak

Para ilmuwan di Harvard Medical School telah menyarankan bahwa minum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan memori pada orang tua. Para peneliti menemukan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang membutuhkannya.

Tes laboratorium telah menunjukkan hasil bahwa ekstrak kakao yang disebut lavado, dapat mengurangi atau mencegah kerusakan pada jalur saraf yang ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Ekstrak ini dapat membantu memperlambat i penurunan fungsi kognitif.

Baca Juga :  7 Dampak Buruk Tidak Sarapan, Kehilangan Nutrisi hingga Stres
2. Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi satu porsi cokelat, maka 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu, mereka yang mengonsumsi sekitar dua ons cokelat seminggu memiliki kemungkinan 46 persen lebih kecil untuk meninggal akibat stroke. Beberapa temuan juga menunjukkan bahwa mengonsumsi hingga 100 gram cokelat setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Manfaat makan cokelat lainnya ada di halaman berikutnya.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Anak-anak yang terinfeksi Covid-19 Miliki Antibodi Alami Selama 7 Bulan

Kesehatan

Khasiat Daun Salam, Salah Satunya Mencegah Kanker

Kesehatan

Viral! Keseringan Begadang Wanita 21 Tahun Kena Stroke hingga Koma

Kesehatan

7 Dampak Buruk Tidak Sarapan, Kehilangan Nutrisi hingga Stres

Kesehatan

Cara Menyimpan Daging Kurban dengan Benar, Jangan Langsung Dicuci

Kesehatan

Dengan Cara Ini, Impotensi Akibat Diabetes Bisa Diatasi

Kesehatan

5 Tips Mengisi Daya Sahur untuk Puasa Berenergi!

Kesehatan

Konsumsi Buah Ini untuk Memperlambat Penuaan Otak