Home / Nasional

Selasa, 5 April 2022 - 06:12 WIB

Kominfo targetkan 30.000 UMKM dapat pendampingan teknologi 4.0

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. (Foto: Kemenkominfo)

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. (Foto: Kemenkominfo)

AMORFATIMEDIA.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong pelaku UMKM berjualan digital menggunakan platform loka pasar digital di Indonesia.

Kementerian Kominfo pada 2021, telah melakukan fasilitasi dan pendampingan bagi 26.000 pelaku UMKM mengenai penjualan digital di daerah destinasi wisata prioritas.

“Pada 2022 ditargetkan 30.000 UMKM mendapat fasilitasi dan pendampingan teknologi 4.0 dari yang sederhana seperti pemanfaatan QR code hingga tahap paling lanjut pemanfaatan aplikasi agregator penjualan digital,” ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya seperti yang dilansir amorfatimedia.com, Selasa, 5 April 2022.

Baca Juga :  Kader Demokrat Kepri Mundur Massal, Demokrat Ungkit Klausul Menantu Harus di DPC Batam

Menurut Johnny, pelaku UMKM juga dilatih menggunakan aplikasi lokapasar dan perencanaan serta pemantauan aktivitas bisnis dengan menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP).

“Sehingga pelaku UMKM bisa memantau penjualan pada berbagai marketplace. Aplikasi ERP mini yang memungkinkan UMKM dapat memantau jumlah persediaan bahan baku dan barang jadi serta menyusun laporan keuangan. Hingga aplikasi Augmented Reality/Virtual Reality (AR/VR) untuk visualisasi produk yang dijual,” ujarnya

Pemerintah telah memberi perhatian yang besar agar 64,2 juta UMKM Indonesia bisa Go Digital. Menurut Menkominfo, upaya itu dilatari potensi ekonomi digital Indonesia yang besar.

Baca Juga :  LPSK Turunkan Tim Khusus Tangani Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah telah menargetkan pada tahun 2024 mendatang, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat hingga 30 juta melalui Program Nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Selain memfasilitasi pelaku UMKM dengan pelatihan, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mempercepat pembangunan infrastruktur digital untuk mendukung produktivitas UMKM.

Peran yang diharapkan dari Kementerian Kominfo juga berkaitan dengan kebijakan tata kelola data dan perlindungan data pribadi, literasi digital terkait keamanan bertransaksi, dan kebijakan lainnya.

Editor: Pramonco

Share :

Baca Juga

Nasional

Pengisian Penjabat Kepala Daerah pada 2022 dan 2023 Rentan Praktik Korupsi 

Nasional

Ini Pesan Ibu Guru Nani yang Viral tentang ‘Nilai Ujian Tak Penting’

Nasional

Sah! MK Putuskan Anwar Usman Mundur dari Kursi Ketua

Nasional

Harta Sandiaga Uno Naik Rp 6,8 Triliun dalam Setahun, Geser Posisi Dato Tahir

Nasional

Jurnal Internasional Soroti Vaksin Nusantara Besutan Terawan

Nasional

Aturan Terbaru, Naik pesawat tak perlu lagi PCR

Nasional

Google hingga WhatsApp Belum Daftar PSE ke Kominfo, Terancam Diblokir?

Nasional

Waspada Gejala Hepatitis Akut Pada Anak Sebabkan Penderita Meninggal Dunia