Home / Nusantara

Kamis, 22 Juli 2021 - 09:57 WIB

Korupsi Dana Desa Rp 200 Juta, PJs Kades di Karimun Jadi Tersangka

ILUSTRASI KORUPSI. (INT)

ILUSTRASI KORUPSI. (INT)

AMORFATIMEDIA.COM, Karimun – Pejabat Sementara (PJs) Kepala Desa Tanjung Pelanduk Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun Sudirman Syafrizal ditahan oleh Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun Cabang Moro. Dia diduga melakukan korupsi dana desa Rp200 juta.

Kasus ini terjadi sejak penunjukan Sudirman Syafrizal sebagai PJs Kades Tanjung Pelanduk Kecamatan Moro, terhitung Maret 2020.

“Dari dua alat bukti yang cukup, maka diperoleh dan terbukti, bahwa tersangka menyelewengkan APBDes tahun 2020. Selain itu menyalahgunakan wewenang dan jabatannya, yang mengakibatkan kerugian kas desa senilai Rp200 juta lebih berdasarkan hasil penghitungan dari Inspektorat Kabupaten Karimun” ujar Haryo, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun Cabang Moro, Rabu, 21 Juli 2021.

Baca Juga :  Dugaan Korupsi Pengadaan Pupuk, Mantan Kadis Pertanian Lingga Resmi Ditahan

Sudirman Syafrizal ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan yang dikeluarkan oleh Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Moro No: PRINT-01/L.10.12.9/Fd.1/07/2021 tanggal 21 Juli 2021.

Penahanan yang dilakukan oleh penyidik sebagai upaya agar tersangka tidak melarikan diri atau merusak dan menghilangkan barang bukti. Tindakan itu dilakukan sebagaimana syarat objek dan subyektif penahanan.

Sudirman Syafrizal disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan subsidair Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga :  Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Lingga Lakukan Sosialisasi

Jaksa Jan Fanther Rio Simanungkait dan jaksa Ngestu Dwi Setyo Pambudi, masing-masing selaku penyidik melaksanakan perintah penahanan kepada tersangka untuk dititipkan penahanannya di Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun.

“Untuk selanjutnya, apabila berkas perkara telah rampung apabila berkas perkara telah rampung akan segera dilimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungpinang untuk disidangkan,” imbuh Haryo

Reporter : M. Azrin
Editor : Pramonco

Share :

Baca Juga

Nusantara

Pemprov Kepri Cari Solusi untuk 7.000 Tenaga Honorer yang Akan di Hapus

Nusantara

4 Kapal Illegal Fishing Asal Vietnam Ditangkap Baharkam Polri

Nusantara

Gubernur Kepri Perbolehkan Gelar Pawai Takbir Keliling di Kepri

Nusantara

Kasus Aktif Covid-19 di Kepri Mencapai 6.926
Kapal Kayu

Nusantara

Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Perairan Lingga

Nusantara

Mulai 1 September 2022, Harga BBM nonsubsidi di Kepri Turun

Nusantara

Keunikan Merebus Ketupat Lebaran Dengan Tungku Batu di Karimun Kepri

Nusantara

Kontraktor Segel Tower BTS di Natuna Kepri, Tagih Pelunasan Kontrak Kerja