Home / Nusantara

Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:35 WIB

Lingga Capai Vaksinasi Terendah dari 7 Kabupaten/Kota di Kepri

Salah seorang warga saat divaksin massal di Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga, pada Rabu, 19 Mei 2021. Foto :  Alzuandi/amorfatimedia.com

Salah seorang warga saat divaksin massal di Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga, pada Rabu, 19 Mei 2021. Foto : Alzuandi/amorfatimedia.com

AMORFATIMEDIA.COM, Lingga – Tingkat vaksinasi di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau jauh tertinggal dari kabupaten/kota lain di Kepri.

Bahkan, Lingga tertinggal dari kabupaten terluar di wilayah perbatasan, seperti Natuna dan Kepulauan Anambas, dengan tingkat vaksinasi mencapai 78,39 persen dan 71,42 persen.

Juru Bicara Satuan Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana, mengatakan, capaian vaksinasi di enam dari tujuh kabupaten/kota di Kepri telah mencapai lebih dari 70 persen. Adapun Lingga merupakan satu-satunya wilayah di Kepri yang capaian vaksinasinya baru 53,77 persen.

Baca Juga :  Lansia di Shanghai Ditemukan Masih Hidup saat Dibungkus Kantong Jenazah

Wilayah Lingga 90 persen merupakan lautan yang tersebar di 92 pulau-pulau kecil. Selain itu, terdapat sekitar 30 kelompok adat suku Laut yang hidup nomaden di atas sampan.

Lingga juga sempat mengalami kekurangan vaksin pada Maret-Mei lalu. Tingkat vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Provinsi Kepulauan Riau telah mencapai 71,55 persen dari target 1,3 juta penduduk.

”Sulit untuk melakukan vaksinasi massal. Petugas melakukan vaksinasi secara door to door ke pulau-pulau,” kata Tjetjep, Kamis, 19 Agustus 2021.

Baca Juga :  Produksi Air Mineral Gunung Daik dihentikan, Direktur BUMD Lingga: Tidak Ada Untung

Tjetjep menambahkan, Satgas Penanganan Covid-19 Kepri sudah mendistribusikan 190.728 vial vaksin ke kabupaten/kota. Adapun stok vaksin yang masih tersedia di provinsi saat ini sebanyak 38.268 vial.

Pada awal Juni 2020 lalu , Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta forum koordinator pimpinan daerah mendukung upaya percepatan vaksinasi hingga daerah terpencil seperti di Lingga.

”Kekurangan tenaga vaksinator atau kekurangan stok vaksin bisa segera dikoordinasikan bersama,” katanya.

Reporter : Alzuandi
Editor : Pramonco

Share :

Baca Juga

Nusantara

Tongkang Nyaris Tenggelam di Kepri, Belasan Kontainer Jatuh ke Laut

Nusantara

Arkeolog Teliti Perahu Bercadik Khas Nusantara di Lingga

Nusantara

Anggota Satpol PP di Karimun Ditemukan Tewas Gantung Diri

Nusantara

Keunikan Merebus Ketupat Lebaran Dengan Tungku Batu di Karimun Kepri

Nusantara

Warga Ancam Demo, PLN Daik Lingga Minta Maaf

Nusantara

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Lingga Lakukan Sosialisasi

Nusantara

Rencana Pengembangan Bandara, Gubernur Kepri-Dirjen Hubud Teken Kerjasama
Polda Kepri

Nusantara

Rugikan Negara 3 M, Dirut BUMD Lingga Jadi Tersangka