Home / Gaya Hidup

Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:25 WIB

Mahasiswa Tunanetra Ini Buktikan Disabilitas Bisa Punya Segudang Prestasi

Rayhan Naufaldi Hidayat, salah satu mahasiswa tunanetra. Dok. pribadi

Rayhan Naufaldi Hidayat, salah satu mahasiswa tunanetra. Dok. pribadi

AMORFATIMEDIA.COM – Dilihat dari segi fisik memang para disabilitas memiliki kekurangan, tapi bukan berarti mereka tak punya semangat yang besar. Para disabilitas tunanetra saat ini banyak yang berprestasi di bangku kuliah, bahkan ada yang sudah bergelar sarjana dengan nilai memuaskan.

Beberapa kampus saat ini menerima mahasiswa disabilitas, termasuk mereka yang tunanetra. Para mahasiswa ini mendapat fasilitas pembelajaran yang khusus. Ada juga fasilitas pendampingan yang membantu para tunanetra untuk bisa mengikuti kegiatan perkuliahan layaknya mahasiswa lain.

Hal inilah yang menjadikan deretan disabilitas tunanetra semakin semangat mengejar cita-cita. Para mahasiswa tunanetra ini bisa mengikuti kegiatan belajar tanpa kendala, beberapa diantaranya bisa menorehkan prestasi di bidang akademik dan non-akademik.

Deretan Mahasiswa Tunanetra Berprestasi di Indonesia

1. Aris Yohanes Elean

Aris Yohanes Elean berhasil menjadi lulusan pertama di Universitas Pamulang sebagai penyandang tunanetra. Tak hanya itu, ia juga merupakan sarjana komputer tunanetra dengan kondisi buta total pertama di Indonesia.

Baca Juga :  Pemutusan Hubungan Kerja PTT dan THL Sepihak, Puluhan Massa datangi Rumah Bupati Lingga

Dilansir dari laman resmi Unpam, Aris berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun dengan IPK 3,59. Aris mendapat beasiswa penuh selama berkuliah sehingga ia tidak mengeluarkan uang untuk biaya kuliah.

Di Unpam sendiri, ada lebih dari 50 penyandang disabilitas yang tengah menjalani proses kuliah. Kini Aris sudah bekerja sebagai guru komputer di SLB, ia juga tengah merancang aplikasi untuk membantu tunanetra lainnya.

2. Zelda Maharani

Zelda Maharani menjadi salah satu tunanetra yang duduk di bangku kuliah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Zelda yang merupakan mahasiswi prodi S-1 Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unesa ini dikenal multitalenta.

Zelda pernah memenangkan perlombaan tingkat nasional. Perempuan asal Tangerang yang hobi menyanyi itu juga pernah memenangkan lomba cipta lagu yang diselenggarakan Kemendikbudristek pada tahun 2021.

Baca Juga :  5 Tips Mengatasi Cemburu Anak dengan Kehadiran Adik Barunya

3. Aulia Rachmi Kurnia

Adalah Aulia Rachmi Kurnia, mahasiswi tunanetra yang diterima di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (UGM). Perempuan yang akrab disapa Aulia ini telah menempuh lika-liku perjalanan di dunia pendidikan hingga akhirnya bisa duduk di bangku kuliah saat ini.

Putri dari buruh pabrik kayu di Jakarta ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Menempuh pendidikan jauh dari orangtua dan dengan kondisi tunanetra tentu bukanlah perkara mudah, namun hal ini tak mematahkan semangat Aulia.

Keterbatasan fisik Aulia ini juga tidak menghalanginya berprestasi secara nonakademik. Dia bahkan pernah meraih juara 1 cabor goalball atau bola gawang dalam Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY tahun 2019 dan juara 3 di Kejuaraan Goalball Tingkat Nasional tahun 2018.

Selanjutnya: Mahasiswa Tunanetra Berprestasi, Rayhan Naufaldi Hidayat

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Pria Jatuh Cinta Sama Kamu? Coba Baca lewat Sinyal Berikut

Gaya Hidup

Mulai Pikun, Simak 7 Tips Jaga Kesehatan Otak

Gaya Hidup

Unik! Buah Kelapa Dijadikan Mahar Perkawinan hingga Status Sosial

Gaya Hidup

Begini Cara Melacak Nomor HP Lewat Lewat Internet

Gaya Hidup

6 Contoh Hubungan Gaslighting yang Bisa Memanipulasi Dirimu

Gaya Hidup

Grup Whatsapp Tak Asik, Ini Cara Keluar dari Grup Diam-diam

Gaya Hidup

Nonmuslim Dilarang Masuk ke Mekah-Madinah, Kenapa?

Gaya Hidup

Mengenal Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Bahagia dan Ragam Manfaatnya