Home / Islam Digest

Senin, 18 Juli 2022 - 07:55 WIB

Manfaat Sholat Tahajud Disertai Tata Caranya

Manfaat sholat tahajud. Google

Manfaat sholat tahajud. Google

AMORFATIMEDIA.COM – Dalam agama Islam, segala ibadah yang dilakukan seorang muslim dapat memberikan ketenangan tersendiri. Sebab, ibadah merupakan salah satu sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berpasrah diri.

Selain mampu mendekatkan diri, menunaikan ibadah juga memiliki banyak keutamaan yang dapat diperoleh siapa saja. Termasuk pada saat melaksanakan shalat tahajud sebagaimana telah ditegaskan dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 79 sebagai berikut.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S 17:79).

Siti Chodijah dalam “Proceedings of the 1st International Conference on Innovative Pedagogy” menjelaskan, kata ‘tahajud’ berasal dari ‘tahajjada’ yang berarti ‘terjaga di malam hari dengan Quran’. Surat lain menerangkan bahwa bangun tengah malam untuk sholat tahajud dan membaca Al-Quran dengan khusyuk akan dapat membuat iman jadi kuat dan membina diri pribadi.

Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 1-6:

Baca Juga :  Menyogok Demi Kerja, Apakah Gaji yang Diterima Halal?

يٰٓاَيُّهَا الْمُزَّمِّلُۙ (١) قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ (٢) نِّصْفَهٗٓ اَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيْلًاۙ ( ٣) اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ (٤) اِنَّا سَنُلْقِيْ عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيْلًا (٥) اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـًٔا وَّاَقْوَمُ قِيْلًاۗ ( ٦)

“Wahai orang yang berselimut (Muhammad)! Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan.” (Q.S 73:1-6).

Menurut tafsir Kementerian Agama, Allah Swt. menerangkan maksud perkataan sebagian yang terdapat dalam ayat tersebut. Allah Swt. menyerahkan kepada Nabi Muhammad untuk memilih waktu melakukan sholat malam.

Ia dapat memilih antara sepertiga, seperdua, atau dua pertiga malam. Allah Swt. memberi kebebasan kepada Nabi Muhammad untuk memilih waktu-waktu tersebut. Sepertiga malam menurut waktu Indonesia adalah sekitar antara jam 10 dan jam 11 malam, seperdua malam adalah waktu antara jam 12 dan 1 malam dan dua pertiga malam adalah waktu antara jam 2 dan 3 sampai sebelum fajar.

Baca Juga :  Berbisnis dengan Sukses Ala Rasululah SAW

Dalam sebuah riwayat yang dikemukakan Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda dalam sebuah hadis.

“Bahwasanya Rasulullah saw. ditanya orang, “Sholat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu)?” Rasulullah saw. menjawab, “Sholat tahajud.”” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Kebiasaan Rasulullah melaksanakan sholat tahajud dapat dijadikan dasar hukum bahwa sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan setelah tidur beberapa saat di malam hari, kemudian bangun saat pertengahan malam hari.

Maka dari itu, melewatkan shalat tahajud pada malam hari sebenarnya merupakan suatu hal yang disayangkan. Tata cara mengerjakan shalat tahajud pun juga cukup mudah untuk dilakukan.

Lantas, apa saja manfaat shalat tahajud bagi seorang muslim yang mampu mengerjakannya tersebut? Berikut ulasan mengenai manfaat shalat tahajud hingga tata caranya yang perlu dipahami.

Manfaat Sholat Tahajud…

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja

Islam Digest

Pentingnya Menjaga Lisan Menurut Al-Qur’an dan Hadits

Islam Digest

Syarat Utama Agar Sedekah Kita Diterima Allah SWT

Islam Digest

Alasan Rasulullah SAW Menolak Sholati Jenazah yang Tersangkut Utang

Islam Digest

Dosa Riba dan Konsekuensi yang Tidak Dapat Dicabut

Islam Digest

Awal Mula Masuknya Islam di Indonesia

Islam Digest

Berbisnis dengan Sukses Ala Rasululah SAW

Islam Digest

10 Kiat Agar Tidak Diganggu Setan