Home / Pemilu

Rabu, 27 April 2022 - 10:13 WIB

Manuver Licin Presiden Jokowi

Anies Baswedan dan Jokowi di Sirkuit Formula E (Foto: Pool/Biro Setpres/Laily Rachev)

Anies Baswedan dan Jokowi di Sirkuit Formula E (Foto: Pool/Biro Setpres/Laily Rachev)

AMORFATIMEDIA.COM – Kedatangan Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E Ancol yang telah menyelesaikan 100% untuk track balapan cukup mengejutkan.

Apalagi terlihat sedemikian akrab dengan Anies Baswedan Gubernur DKI. Sudah menjadi pengetahuan khalayak bahwa keduanya tidak dalam keadaan akur. Khususnya sikap Jokowi dan kubunya kepada Anies.

Kondisi ini tidak bisa dibaca sepintas dan disederhanakan bahwa Presiden memiliki perhatian terhadap pembangunan sirkuit balap Formula-E Ancol. Adanya aksi interpelasi anggota DPRD DKI yang dilakukan oleh kubu Istana adalah bukti perseteruan yang sulit didamaikan.

Jadi peristiwa kunjungan ini memang aneh. Keanehan itu dapat difahami lebih dalam jika dilihat sebagai manuver yang sarat dengan pesan politik, sekurangnya:

Baca Juga :  Keutamaan Sholat Tepat Waktu, Sebagai Petunjuk dan Keselamatan

Pertama, Jokowi tidak mau kalah 2-0 oleh Anies. Di sirkuit MotoGP Mandalika NTB Jokowi mengalami kegagalan. Alih-alih mendulang pujian justru yang ramai adalah soal mistik pawang hujan. Itupun tidak sukses. Sebaliknya Anies yang juga hadir saat itu ternyata lebih mendapat sambutan dari masyarakat. Panggung Jokowi diambil Anies.

Kedua, Jokowi sedang galau karena kubunya diobrak abrik oleh Megawati. Soal mafia minyak goreng dikutak-katik oleh Jaksa Agung yang kebetulan adik dari petinggi PDIP. Luhut kalang kabut atas serangan kepada teman-temannya itu. Jokowi bermanuver mendekat kepada Anies untuk menggertak Mega dan mengganggu Puan PDIP dalam Pilpres ke depan.

Baca Juga :  Reshuffle Kabinet, Ini Daftar Nama Menteri Baru dan yang Dicopot Jokowi

Ketiga, upaya mempertahankan kekuasaan mentok. Awal Ganjar Pranowo menjadi kepanjangan tangan, akan tetapi hasil survey yang mengunggulkannya tercium rekayasa. E-KTP dapat menghadang.

Belum lagi PDIP yang marah. Lalu Jokowi-Prabowo digelindingkan, namun Prabowo bukan jagoan yang dulu. Pasangan ini dipaksakan. Dijamin jeblok. Apalagi untuk hal ini harus melalui amandemen Konstitusi dahulu.

Share :

Baca Juga

Pemilu

Kemendagri Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal yang Sudah Ditetapkan

Pemilu

Reshuffle Kabinet, Ini Daftar Nama Menteri Baru dan yang Dicopot Jokowi

Pemilu

Isu Pembahasan Penundaan Pemilu, Mahfud MD: Sudah dibatalkan

Pemilu

Laporan 2 Parpol Diterima Bawaslu, Ketua KPU Pertanyakan Dasar Hukum

Pemilu

Bawaslu Lingga Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, Ini Syaratnya

Pemilu

Pendaftaran Dibuka Agustus 2022, 21 Parpol Sudah Miliki Akun Sipol

Pemilu

Meski di Tolak, Ombudsman Tetap Lanjut Penyelidikan Dugaan Maladministrasi Seleksi Bawaslu Kepri

Pemilu

Terancam Menganggur, PKS Minta Pemerintah Cari Solusi Soal Tenaga Honorer