Home / Nasional

Kamis, 9 Juni 2022 - 14:53 WIB

Marak Penipuan Atas Nama Bank, BRI Imbau Nasabah dan Masyarakat Waspada

Ilustrasi/Foto: BRI

Ilustrasi/Foto: BRI

AMORFATIMEDIA.COM – Maraknya aksi tindak kejahatan digital yang di sebarluaskan melalui jejaring aplikasi pesan singkat, sosial media, hingga surat elektronik memuat sejumlah informasi palsu yang dimuat dalam bentuk gambar, tautan. Bahkan para pelaku penipuan seringkali mengatasnamakan sebagai pihak bank.

Salah satu modus kejahatan yang terbaru, tampak dari viralnya gambar tangkapan layar yang tesebar luas melalui sejumlah aplikasi pesan singkat yang berisi surat dan tautan yang beredar, menyebutkan adanya perubahan biaya administrasi ATM BRI tidak lagi dikenakan Rp 6.500 per transaksi, melainkan Rp 150 ribu per bulan dengan unlimited transaksi.

Baca Juga :  Mulai Pikun, Simak 7 Tips Jaga Kesehatan Otak
Viral gambar tangkapan layar melalui sejumlah aplikasi pesan singkat/BRI

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyatakan bahwa hal tersebut dipastikan tidak benar. Pihaknya mengatakan atas maraknya upaya penipuan tersebut BRI tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat, khususnya para nasabah BRI untuk berhati-hati dan waspada terhadap berbagai tindak penipuan kejahatan perbankan termasuk yang mengatasnamakan BRI.

Hal ini mendorong BRI untuk terus mengajak nasabahnya dan semua pihak mengedepankan kewaspadaan menerima pesan dalam bentuk apapun. Sehingga tidak mudah percaya pada isi pesan tersebut bahkan yang berunsur ajakan.

Baca Juga :  Pria Jatuh Cinta Sama Kamu? Coba Baca lewat Sinyal Berikut

“BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI, termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP dsb.) melalui saluran, tautan atau website dengan sumber tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Aestika dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Juni 2022.

Terdapat beberapa nasabah…

Share :

Baca Juga

Nasional

Tenaga Honorer di Instansi Pemerintah Dihapus Mulai Tahun 2023

Nasional

Google hingga WhatsApp Belum Daftar PSE ke Kominfo, Terancam Diblokir?

Nasional

Sah! MK Putuskan Anwar Usman Mundur dari Kursi Ketua

Nasional

Siap-siap! Tenaga Honorer Resmi Dihapus 28 November 2023

Nasional

Jaksa Agung Minta Jajaran Usut Tuntas Keberadaan Mafia Pupuk

Nasional

Peringatan ke-67 KAA di Bandung, dari Indonesia Menuju Solidaritas Dunia

Nasional

Mulai Besok, Tenaga Kerja Asing Dilarang Masuk RI

Nasional

Densus 88 Klaim Tangkap 568 Terduga Teroris Sejak 2020