Home / Gaya Hidup

Rabu, 1 Juni 2022 - 09:57 WIB

Mengenal Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Bahagia dan Ragam Manfaatnya

Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Bahagia (Reuters)

Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Bahagia (Reuters)

AMORFATIMEDIA.COM – Hidup minimalis atau minimalist living menjadi gaya hidup baru yang kini dilakoni banyak orang sejak beberapa tahun terakhir. Gaya hidup minimalis mengusung konsep less is more atau kesederhanaan yang dapat diartikan mengurangi sejumlah hal yang berlebihan dalam hidup.

Sebetulnya, gaya hidup minimalis atau hidup sederhana bukan hal baru. Konsep yang membebaskan diri dari kekacauan dan barang dalam kehidupan sehari-hari ini telah ada sejak lama, bahkan sepanjang sejarah kehidupan manusia.

Dilansir dari Oprah Daily, Rabu (1/6/2022), misalnya, umat Buddha cenderung menghindari harta benda atau perilaku konsumerisme dan telah melakukannya selama ribuan tahun.

Namun, praktik hidup minimalis tidak menjadi arus utama hingga abad ke-20. Hingga akhirnya, para penulis, fotografer, beatnik (orang yang perilakunya bertentangan dengan adat istiadat), arsitek, dan paling penting seniman menganut gagasan tersebut.

Baca Juga :  Simak! Jadwal Pemadaman Listrik di Karimun Kepri, 12 Mei 2022

Meski arti minimalis berbeda-beda pada setiap orang, Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran bersertifikat untuk Maple Holistics, percaya bahwa semua minimalis memiliki tujuan sama.

“Seorang minimalis sengaja berfokus pada apa yang benar-benar penting. Bagi sebagian orang, ini berarti menghilangkan ‘hal’ yang tidak membuat Anda bahagia,” kata Becke

Esensi sebenarnya dari gaya hidup minimalis adalah menentukan apa yang memberi kita nilai terbesar dalam hidup dan membuang segala sesuatu yang berlebihan.

Hemat uang dan ruang

Ada beberapa keuntungan atau manfaat menjalani gaya hidup minimalis. Dengan lebih sedikit kekacauan, lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk membersihkan atau mengatur.

Baca Juga :  Pendaftaran Dibuka Agustus 2022, 21 Parpol Sudah Miliki Akun Sipol

Artinya, lebih banyak waktu berkualitas yang Anda miliki untuk melakukan hal-hal penting lainnya atau menghabiskannya bersama keluarga dan teman. Minimalisme memungkinkan kita untuk fokus pada prioritas.

“Dengan mempertahankan lingkungan yang bebas dari kekacauan, Anda dapat meningkatkan fokus dan produktivitas sehingga mengurangi stres,” imbuh Backe.

Selain fokus dan produktivitas, peningkatkan juga berdampak pada kondisi psikologis. Sebuah studi pada 2009 oleh Darby Saxbe dan Rena Repetti menemukan bahwa kekacauan dapat meningkatkan kortisol atau hormon stres.

Karena itu, membebaskan rumah dari barang-barang dapat membantu Anda membebaskan pikiran sehingga membuat hidup lebih tenang serta bermakna.

Simak Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Bahagia di halaman berikutnya

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Pria Jatuh Cinta Sama Kamu? Coba Baca lewat Sinyal Berikut

Gaya Hidup

6 Contoh Hubungan Gaslighting yang Bisa Memanipulasi Dirimu

Gaya Hidup

Bingung Mengambil Keputusan yang Tepat? Yuk, Kenali Caranya!

Gaya Hidup

5 Tips Mengatasi Cemburu Anak dengan Kehadiran Adik Barunya

Gaya Hidup

Bekukan Sperma Bisa Selamatkan Koala dari Kepunahan

Gaya Hidup

Ingin Tidur Nyenyak seperti Bayi? Coba Terapankan Aturan 10-3-2-1-0

Gaya Hidup

Minum Ini Sebelum Tidur, Bantu Bakar Lemak di Perut

Gaya Hidup

Orangtua Wajib Tahu! Keterampilan Anak yang Perlu Diajarkan