Home / Islam Digest

Jumat, 30 September 2022 - 10:16 WIB

Mengulik Burung dalam Alquran, Burung Hud-Hud

Burung hud-hud. Foto: About Islam.

Burung hud-hud. Foto: About Islam.

AMORFATIMEDIA.COM – Kata burung (dalam bahasa Arab “at-Tayr”) disebutkan lima kali dalam Alquran dan kata burung-burung (Tuyour) muncul 13 kali dalam Alquran. Di antara burung-burung, burung hoopoe (burung hud-hud dalam Bahasa Arab) secara khusus disebutkan dua kali dalam Surat An-Naml, dengan berikut:

“Dan dia mencari di antara burung-burung dan berkata: Bagaimana mungkin aku tidak melihat burung itu, atau apakah dia termasuk yang tidak hadir?” (QS. An-Naml: 27:20).

“Tetapi burung hudhu itu tinggal tidak jauh: dia mengelilingi (wilayah) yang belum kamu jelajahi dan aku datang kepadamu dari Saba dengan berita yang benar.” (Surat An-Naml: 27:22).

Presiden Yayasan Riset Islam Internasional Ibrahim B. Syed dalam About Islam mengatakan hoopoe adalah burung yang elegan, yang masih berhubungan dengan rangkong. Nama anehnya berasal dari teriakan tajam yang berbunyi jelas, jauh, dan diulang dua atau tiga kali. Teriakan itu sering terputus secara tiba-tiba.

Ini mungkin disebabkan oleh paruh burung yang membentur tanah dengan tajam di ujung nada. Ini adalah salah satu burung non-passerine Dunia Lama. Nama ilmiahnya adalah Upupa epops (keluarga Upupidae, dari ordo roller, Coraciiformes).

Baca Juga :  Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Awal Tahun Serta Keistimewaannya

King Fishers, Kirik-kirik, roller, hoopo, dan rangkong secara kolektif disebut sebagai burung mirip roller. Ada sekitar tujuh spesies burung hoopoe.

Ini adalah burung yang tersebar luas yang terletak di Kepulauan Inggris, Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Itu ada di daerah beriklim sedang dan tropis.

Utusan Nabi

Nabi Sulaiman adalah seorang raja dan penguasa Syria dan Palestina yang pasukannya terdiri dari pasukan yang terdiri dari manusia, jin dan burung. Ada kemungkinan burung digunakan untuk menyampaikan pesan, berburu, dan untuk layanan lain yang sesuai.

Dalam Alquran (27:20) kita membaca, bahwa Nabi Sulaiman meninjau burung-burungnya dan menemukan hud-hud hilang. Lengannya yang paling bergerak adalah burung, yang ringan di sayap dan terbang dan melihat segala sesuatu seperti pengintai yang efisien.

Nabi Sulaiman mengungkapkan kemarahannya dan keinginannya untuk menghukum hud-hud seberat-beratnya jika tidak muncul di hadapannya dengan alasan yang masuk akal. Tidak lama kemudian, hoopoe kembali berkata,

Baca Juga :  Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat

“Aku telah memperoleh pengetahuan tentang hal-hal yang tidak kamu ketahui. Saya telah membawa informasi yang pasti tentang Saba (Sheba, orang kaya yang terkenal di Arabia selatan, sekarang sekarang Yaman. Ibu kota mereka adalah Ma’rib yang terletak sekitar 55 mil ke timur laut Sana, ibu kota Yaman saat ini). Di sana saya telah melihat seorang wanita memerintah kaumnya: dia telah diberi berbagai macam ketentuan, dan dia memiliki singgasana yang indah. Saya melihat bahwa dia dan kaumnya bersujud di hadapan matahari, bukan Allah.”

Nabi Sulaiman berkata, “Kita akan lihat sekarang apakah yang kamu katakan itu benar, atau bahwa kamu pembohong. Ambillah suratku ini dan lemparkan di hadapan mereka; lalu menyingkir dan lihat reaksi apa yang mereka tunjukkan.” (QS: An-naml: 27-28).

Selanjutnya: Kelebihan khusus…

Share :

Baca Juga

Islam Digest

4 Perbuatan Sepele yang Membatalkan Shalat

Islam Digest

Ternyata Ini yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Memulai Bisnis

Islam Digest

Manfaat Sholat Tahajud Disertai Tata Caranya

Islam Digest

Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat

Islam Digest

Tak Terbantahkan! Inilah Bukti Islam adalah Agama Kebenaran

Islam Digest

Penyakit Dunia Islam yang Paling Berbahaya

Islam Digest

Mengapa Sholat Lima Waktu Begitu Istimewa dalam Islam, Simak Alasannya!

Islam Digest

Menyogok Demi Kerja, Apakah Gaji yang Diterima Halal?