Home / Islam Digest

Rabu, 18 Mei 2022 - 07:12 WIB

Menyogok Demi Kerja, Apakah Gaji yang Diterima Halal?

Ilustrasi

Ilustrasi

AMORFATIMEDIA.COM – Jutaan warga Indonesia hingga kini masih menganggur. Sementara, ada juga orang yang rela menyogok atau menyuap demi mendapat pekerjaan atau jabatan.

Melansir laman about islam.net, tidak ada keraguan bahwa memberikan suap untuk mendapatkan pekerjaan adalah haram baik bagi yang memberi suap maupun yang menerima, dan bagi yang menjadi perantara di antara keduanya.

Tidak ada pengecualian kecuali dalam kasus-kasus di mana suap dibayarkan untuk menghapus ketidakadilan atau untuk mencapai hak-hak yang hanya dapat dicapai melalui suap. Dalam hal ini diperbolehkan bagi yang memberi, tetapi haram bagi yang mengambil.

Baca Juga :  Perbedaan Harga Indomie di Luar Negeri, Mulai dari Turki hingga Amerika

Selama pekerjaan didasarkan pada tes untuk pelamar, suap adalah haram dalam hal ini, karena pelamar kerja tidak lebih baik dari orang lain dan dia tidak memiliki hak khusus yang harus pelamar kerja bayar untuk mencapainya. Ada peringatan tentang suap yang seharusnya menakuti orang bijak agar tidak terlibat di dalamnya.

Baca Juga :  Bea Cukai Kepri Gagalkan Penyeludupkan Benih Lobster Senilai Rp14 Miliar

Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah SAW mengutuk orang yang menawarkan suap dan orang yang menerimanya. (Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Jika pelamar kerja telah bertaubat kepada Allah dan memberikan sebagian gajinya untuk bersedekah, maka tidak apa-apa bagi dia untuk tetap berada di pos ini, selama dia memenuhi syarat untuk itu, karena mengangkat seseorang yang tidak memenuhi syarat adalah pengkhianatan terhadap kepercayaan, efek berbahaya yang jelas bagi semua.

(Pram)

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Doa Buka Puasa Ramadan yang Shahih

Islam Digest

Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Awal Tahun Serta Keistimewaannya

Islam Digest

Mengapa Sholat Lima Waktu Begitu Istimewa dalam Islam, Simak Alasannya!

Islam Digest

Wajib Dicoba! 4 Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran

Islam Digest

Iblis Marah, Ini yang dilakukannya di Hari Raya Idul Fitri

Islam Digest

Keji! Binatang Juga Mengutuk Perzinaan

Islam Digest

Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja

Islam Digest

Kalau Ada Masalah Jangan Curhat ke Manusia, Curhatlah kepada Allah