Home / Nasional

Jumat, 23 Juli 2021 - 19:12 WIB

Mulai Besok, Tenaga Kerja Asing Dilarang Masuk RI

ILUSTRASI (ANTARA)

ILUSTRASI (ANTARA)

AMORFATIMEDIA.COM – Pemerintah Republik Indonesia melarang Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk masuk ke Tanah Air. Larangan ini mulai berlaku besok, Sabtu, 24 Juli 2021.

Pelarangan ini berlaku selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat atau Level 4 dalam rangka pencegahan penularan kasus Covid-19.

Aturan ini tertuang di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, dibutuhkan masa transisi selama dua hari. Jika masa transisi dua hari, artinya hari ini, Jumat 23 Juli 2021 adalah hari terakhir TKA boleh masuk ke RI dan mulai besok, Sabtu (24/07/2021) sudah tidak ada lagi TKA yang diizinkan masuk RI.

“Setelah diskusi dengan Ibu Menlu perlu transisi 2 hari,” kata Yasonna dalam konferensi pers,” Rabu 21 Juli 2021 kemarin.

Baca Juga :  Aturan Terbaru, Naik pesawat tak perlu lagi PCR

Kabag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara memastikan, setelah diterbitnya Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 yang diberlakukan sejak 21 Juli 2021, TKA tidak akan masuk ke Indonesia.

“Saya rasa kecil kemungkinan mereka masih bisa masuk. Makanya sebagaimana disampaikan Pak Menteri, untuk pemberlakuan Permen Nomor 27, ada masa transisi dua hari dengan mempertimbangkan mereka yang sudah dalam perjalanan ke Indonesia,” kata Angga dikutif dari Liputan6.com, Jumat, 23 Juli 2021.

Angga menegaskan, aturan terkait pelarangan TKA masuk ke Indonesia mengacu pada adendum Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk Wilayah Indonesia Dalam Masa PPKM Darurat.

Baca Juga :  Absen 4 Tahun, Pertandingan Taekwondo se-Kepri Kembali Digelar di Tanjungpinang

“Sebagaimana dijelaskan Pak Menteri Kumham, yang masih bisa masuk Indonesia adalah mereka yang pinya visa dinas atau diplomatik, izin tinggal dinas atau diplomatik, izin tinggal terbatas atau tetap, awak alat angkut, dan mereka dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan. Atas dasar Permen Nomor 27, maka tidak akan ada pelayanan atau penerbitan visa baru,” jelasnya.

Untuk TKA yang datang dengan tujuan kemanusiaan pun, Angga melanjutkan, baru bisa diterima masuk Indonesia jika memang mendapatkan rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan Covid-19.

“Untuk TKA tadi (apabila melanggar) bisa dilakukan penolakan masuk atau pendeportasian. Untuk aparat (yang melanggar aturan) sendiri tentu mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku,” ujar Angga.

Editor : Pramonco

Share :

Baca Juga

Nasional

Siap-siap! Tenaga Honorer Resmi Dihapus 28 November 2023

Nasional

Google hingga WhatsApp Belum Daftar PSE ke Kominfo, Terancam Diblokir?

Nasional

Harga BBM Justru Turun di SPBU Vivo, Satu Perusahaan dengan Ponsel Vivo?

Nasional

Kominfo targetkan 30.000 UMKM dapat pendampingan teknologi 4.0

Nasional

KPK Klaim Buru Empat Buron Sejak 2017

Nasional

Asal-usul THR di Indonesia dan Protes para Buruh

Nasional

Di Indonesia Batu Bata dibuat Wajib SNI, Jokowi: Logika Kadang Nabrak-nabrak

Nasional

Kuasa Hukum Brigadir J Diusir, Mahfud MD: Pengacara Brigadir J Tak Harus Diundang Saat Rekonstruksi