Home / Islam Digest

Selasa, 26 Juli 2022 - 05:46 WIB

Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360, Ilmuwan Kaget!

Sendi Manusia. Google

Sendi Manusia. Google

AMORFATIMEDIA.COM – Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360 sangat menakjubkan. Para ilmuwan pun kaget dengan pengetahuan dan kebenaran Hadis Nabi tersebut.

Betapa tidak, pada zaman ketika tidak satu pun ilmuwan membahas anatomi tubuh manusia dan mengetahui jumlah tulang dan persendian manusia, Nabi Muhammad justru dengan tegas menyebut jumlah persendian manusia sebanyak 360 sendi.

Tuhan seluruh alam, Allah ‘Azza wa Jalla memberi pengetahuan kepada Nabi Muhammad SAW jauh sebelum dunia medis menemukan jumlah sendi tubuh manusia. Sejak 1400 tahun lebih lalu, Rasulullah menyampaikan hal ini. Pengetahuan tentang sendi manusia ini merupakan salah satu bukti kebenaran Hadis Nabi.

Untuk diketahui, sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih agar tulang tersebut bisa bergerak. Sendi berperan penting dalam pergerakan tubuh. Ada banyak sendi dalam tubuh yang berfungsi untuk memberikan kestabilan pada tubuh manusia.

Baca Juga :  Dosa Riba dan Konsekuensi yang Tidak Dapat Dicabut

“Kita bisa membayangkan jika dengkul tidak punya sendi, bagaimana manusia bisa bergerak atau berjalan,” demikian penjelasan Qaf Media Channel dalam kanal Youtube yang mengulas kebenaran Hadis Nabi tentang jumlah persendian manusia.

Semua sabda Rasulullah bisa dibuktikan secara ilmiah karena perkataan Rasulullah adalah bimbingan langsung (wahyu) dari Allah SWT. Misalnya, liur kucing dinyatakan tidak najis, sedangkan liur anjing dihukumi najis.

Terkait jumlah sendi manusia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskannya dalam Hadis shahih berikut.

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim 2377)

Baca Juga :  Mengiurkan, Namun Dampak Negatif Judi Sudah Diperingatkan Dalam Al Quran

Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah bersabda: “Setiap manusia keturunan Adam diciptakan di atas 360 persendian. Barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih, dan beristighfar kepada Allah, menyingkirkan batu, atau duri atau tulang dari jalan, memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran sejumlah persendian itu maka ia telah berjalan menjauhi api neraka.” (HR Muslim No 1675)

Persendian dalam Bahasa Arab disebut “Al-Sulama”. Persendian ini memungkinkan tulang bergerak secara luwes (sendi diartrosis). Dr Hamid dalam bukunya “Rihlah al-Iman fi Jism al-Insan” (Wisata Iman dalam Tubuh Manusia) menyatakan bahwa jumlah keseluruhan persedian tulang manusia adalah 360 sebagaimana disebut dalam Hadis Nabi di atas. Ia merincikan sebagai berikut.

Selanjutnya: Tulang Belakang yang meliputi 147 persendian

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Awal Mula Masuknya Islam di Indonesia

Islam Digest

Alasan Rasulullah SAW Menolak Sholati Jenazah yang Tersangkut Utang

Islam Digest

Kalau Ada Masalah Jangan Curhat ke Manusia, Curhatlah kepada Allah

Islam Digest

Iman Kepada Takdir Allah dan Hikmahnya

Islam Digest

Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap dengan Doa dan Tata Caranya

Islam Digest

Ternyata Ini yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Memulai Bisnis

Islam Digest

10 Kiat Agar Tidak Diganggu Setan

Islam Digest

Dosa Besar Bagi Orang yang Menghardik Anak Yatim